SYECH MUHAMMAD ARSYAD ALBANJARI ULAMA DARI BANJARMASIN

Faisal Memilih Ulama Kharismatik ini kerana Faisal mengaggumi ketawadhuan, wara, dan Keilmuan Beliau serta melahirkan Ulama-ulama yang kharismatik yang membuat masyarakat Banjar khususnya dan Umat Islam pada umumnya menyukai Da’wah dan nilai nilai Islam. Smoga dengan keteladanan dan keilmuan Datu Kelampaian dapat memberikan tuntunan bagi generasi muda agar lebih santun, mengerti dan memahami ajaran Islam dengan sebenar-benarnya.

Nama lengkap beliau Syeikh Muhammad Arsyad bin Abdullah bin Abdur Rahman al-Banjari bin Saiyid Abu Bakar bin Saiyid Abdullah al-’Aidrus bin Saiyid Abu Bakar as-Sakran bin Saiyid Abdur Rahman as-Saqaf bin Saiyid Muhammad Maula ad-Dawilah al-’Aidrus, dan seterusnya sampai kepada Saidina Ali bin Abi Thalib dan Saidatina Fatimah bin Nabi Muhammad SAW. Lahir di Lok gabang tanggal 19 maret 1710 M ,Sebagaimana kebiasaan Ulama-ulama dahulu selalu menaruh Kota tempat tinggal dibelakang nama, seperti, Al bantani yang berasal dari banten , Al fadani yang berasal dari Padang begitupun Al Banjari yang berasal dari Banjarmasin Kalimantan. Kemasyhuran Ulama ulama yang berasal dari Indonesia di Mekkah terbilang cukup banyak, sebut saja Syech Nawawi Al bantani , Syech Abdul shomad al Palembani, Syech Arsyad Al banjari dan masih banyak lagi ulama-ulama yang berasal dari Nusantara cukup terkenal di mekkah, Bahkan Syech Nawawi Albantani setelah sekian lama berdakwa di Tanah kelahirannya, beliau kembali keMekkah sampai akhir hayatnya.

Syech Arsyad Albanjaripun sangat terkenal dimekkah karena keluasan ilmu yang dimiliki teutama ilmu Qiraat, Bahkan Beliau mengarang Kitab Qiraat 14 yang bersumber dari dari Imam Syatibi dan uniknya kitab tersebut setiap Juz dilengkapi dengan kaligarafi khas Banjar . Karya lainnya yang cukup termasyhur dikalimantan adalah kitab Fiqih Sabilal Muhtadin dan juga menjadi rujukan Ulama-ulama di jawa.

Pada suatu hari, tatkala Sultan Kerajaan Banjar (Sultan Tahmidullah) mengadakan kunjungan ke kampung-kampung, hingga sampailah sang Sultan ke kampung Lok Gabang. Alangkah terkesimanya Sang Sultan manakala melihat lukisan yang indah dan menawan hatinya. Maka sang Sultan bertanya, siapakah pelukisnya, lalu ia mendapat jawaban bahwa Muhammad Arsyad adalah sang pelukis yang sedang dikaguminya. Mengetahui kecerdasan dan bakat sang pelukis, terbesitlah di hati sultan, sebuah keinginan untuk mengasuh dan mendidik Arsyad kecil di istana. Usia Arsyad sendiri ketika itu baru sekitar tujuh tahun.

Sultanpun mengutarakan keinginan hatinya kepada kedua orang tua Muhammad Arsyad. Pada mulanya Abdullah ayah dari Syech Arsayd Al banjari dan istrinya merasa enggan melepas anaknya tercinta. namun demi masa depan sang buah hati yang diharapkan menjadi anak yang berbakti kepada agama, negara dan orang tua, maka diterimalah tawaran sang sultan. Kepandaian Muhammad Arsyad dalam membawa diri, sifatnya yang rendah hati, kesederhanaan hidup serta keluhuran budi pekertinya menjadikan segenap warga istana sayang dan hormat kepadanya. Bahkan sultan pun memperlakukannya seperti anak kandung sendiri.

Menginjak dewasa Syech Arsyad al banjari belajar di Mekkah selama kurang lebih 30 tahun beliau diantara guru-gurunya adalah Syeck Athaillah al Misri Pengarang Kitab Tashauf Al Hikam, Syech Abdus Shomad AlPalembani, Syech Yasin Al Yamani . Selama belajar Syech Muhammad Al abanjari telah menguasai berbagai Disiplin Ilmu dan telah memperoleh beberapa Ijazah Sanad dari guru-gurunya.

Durasi masa belajar di Mekah dan Madinah yang demikian lama serta banyaknya jumlah pelajaran dan jenis kitab dipelajari, dan kapabilitas ulama tempatnya berguru menjadikan Syeikh Muhammad Arsyad bin Abdullah al-Banjari akhirnya menjadi seorang ulama besar tanah Jawa.

Sekitar tahun 1772 M Syech Muhanmmad Arsyad Al Banjari minta ijin kepada guru-gurunya untuk kembali kekampung Halamannya Di banjarmasin Untuk melakukan dakwah dan syiar islam. Dan sebelum kembali ke Kalimantan syech Muhammad Arsyad sempat singgah dan bermalam di Jakarta di rumah salah seorang temannya Sewaktu belajar di Mekkah bahkan beliau sempat memberikan petunjuk Arah Qiblat Masjid Jembatan Lima jakarta, masjid pekojan dan masjid luar batang . Setelah beberapa lama di Jakarta Beliau kembali ke Banjarmasin untuk berdakwah.

Kepedulian Syech Muhammad Arsyad Albanjari kepada Masyarakat banjar yang hidup dibawah garis kemiskinan , membuat beliau berinisiatif bahwa dakwah tidak cukup hanya memberikan nasehat, mengajar saja Namun beliau coba mengangkat taraf hidup Masyarakat Banjar dengan melakukan Program Irigasi untuk meningkatkan hasil panen dan mengubah lahan-lahan yang non produktif menjadi lahan produktif. Dan Hasilnya pun cukup menggembirakan dan membawa mamfaat yang besar bagi masyarakat.

Selama 41 tahun Syech arsyad Al banjari melakukan dakwah pada masyarakat banjar dan berhasil mencetak murid-murid yang mampu meneruskan perjuangan dakwahnya , dan beliau juga sering mengirim murid-murid nya untuk Hijrah dan berdakwah di daerah yang masyarakatnya haus akan ilmu-ilmu agama. Disamping itu pula beliau banyak menulis kitab diantara karya-karya beliau adalah”

1. Tuhfah al-Raghibin fi Bayani Haqiqah Iman al-Mu’minin wa ma Yufsiduhu Riddah al-Murtaddin, karya pertama, diselesaikan tahun 1188 H./1774 M.
2. Luqtah al-’Ajlan fi al-Haidhi wa al-Istihadhah wa an-Nifas an-Nis-yan, diselesaikan tahun 1192 H./1778 M.
3. Sabil al-Muhtadin li at-Tafaqquhi fi Amri ad-Din, diselesaikan pada hari Ahad, 27 Rabiulakhir 1195 H./1780 M.
4. Risalah Qaul al-Mukhtashar fi ‘Alamatil Mahdil Muntazhar, diselesaikan pada hari Khamis 22 Rabiul Awal 1196 H./1781 M.
5. Kitab Bab an-Nikah.
6. Bidayah al-Mubtadi wa `Umdah al-Auladi
7. Kanzu al-Ma’rifah
8. Ushul ad-Din
9. Kitab al-Faraid
10. Kitab Ilmu Falak
11. Hasyiyah Fathul Wahhab
12. Mushhaf al-Quran al-Karim
13. Fathur Rahman
14. Arkanu Ta’lim al-Shibyan
15. Bulugh al-Maram
16. Fi Bayani Qadha’ wa al-Qadar wa al-Waba’
17. Tuhfah al-Ahbab
18. Khuthbah Muthlaqah

Pada tahun 1807 M syech Arsyad al banjari dipanggil alloh Swt dan beliau diamakamkan di Kalampayan Kalimantan.


31 thoughts on “SYECH MUHAMMAD ARSYAD ALBANJARI ULAMA DARI BANJARMASIN

  1. Assalamu’alaikum Wr, Wb.

    Salam Kenal dan umpat batakun…..

    Tahu kada riwayat Hidupnya Datuk Syech Jamaluddin Surgi Mufti.

    Sekalian munnya tahu zuriat sidin keatasnya lawan nang kabawahnya sampai sekarang munnya ada.

    Trimakasih,

    Salam

    pengembarajiwa

  2. salam perkenalan
    terima kasih banyak abang anang ulun dapat menembah wawasan sejarah syeh muhammad arsyad albanjari mudahan kita selalu biasa mempelajari ilmu beliau. dan disini perkenel diri.nama edy aini lahir ditembilahan kabupaten indragiri hilir propinsi riau kada jauh dari makam syeh abdulrahman siddiq bin muhammad afif hidayat desa teluk dalam kec.kuindra (sapat)

  3. salam perkenalan
    terima kasih banyak abang anang ulun dapat menembah wawasan sejarah syeh muhammad arsyad albanjari mudahan kita selalu biasa mempelajari ilmu beliau. dan disini perkenel diri.nama edy aini lahir ditembilahan kabupaten indragiri hilir propinsi riau kada jauh dari makam syeh abdulrahman siddiq bin muhammad afif hidayat desa teluk dalam kec.kuindra (sapat)
    alhamdullilah hamba ucapkan ,tanda syukur atas nikmatnya ,sholawat dan salam di haturkan kepeda rasul dan kerabatnya.

  4. salam knl buat abang anang,saya mau bertanya n saya ingin mengetahui lebih rinci tentang kehidupan para ulama kalimantan terutama tentang syeh muhammad arsyad n tentang karomah beliau.

    terimakasih…..

  5. Sagan dangsanak sabarataan, terutama untuk yang mencari informasi tentang Tuan Guru H. Surgi Mufti atau Mufti Jamaluddin. Dalam Sejarah Banjar ada dua orang keturunan Syekh M. Arsyad al-Banjari yang bernama Mufti Jamaluddin, yakni Mufti Jamaluddin anak Syekh M. Arsyad al-Banjari yang berkubur di Kalampayan dan Mufti Jamaluddin, cicit dari Al-BAnjari yang berkubah di Sungai Jingah Banjarmasin. Silakan baca tulisan ulun berjudul FATIMAH DAN KITAB PARUKUNAN JAMALUDDIN di Surat Kabar Mata Banua Banjarmasin dan Jurnal Al-Jami Banjarmasin.
    Untuk dangsanak yang baisi blog, kami sarankan agar memberi identitas nama penulis pada artikel-artikel yang dipublikasikan dalam blog ini. Salam

  6. Ass,Wr,Wb

    Gasan dangsanakku elkisab

    Pian baisi Blog jua kah??? Munnya ada bari pang situsnya atawa link nya. Kaya apa ulun handak tahu kisah FATIMAH DAN KITAB PARUKUNAN JAMALUDDIN sadangkan ulun badiam di Balikpapan.

    Bisa kada, tulisan pian itu di Emailkan ke Email ulun : pengembarajiwa313@yahoo.co.id

    Tulungi pang dangsanak pian ini nah….!, handak banar tahu silsilah Beliau.

    Salam dari Ulun

    Pengembara Jiwa

  7. mun ada sil silah kh.arsyad albanjari ditambahi jadi labih menarik untuk kita2 nang jauh dirantau……. terima kasih banyak & salam kompak bubuhan sabarataan……

  8. Ass.Senang sekali membaca Blog ini. Ada nuansa bening nan indah dipelupuk mata nun jauh di Kota Banjar. Menurut Silsilah Ibu Saya asli Kalimantan Timur namun Nenek saya yang tidak bahasa Indonesia (Bisanya bahasa Banjar) asli dari Martapura. Ada lagi keturunan Beliau tinggal dan mendirikan Pesantren di Bangil Pasuruan Jawa Timur yaitu KH.M.Syarwani Abdan yang masih kecil dibawa ke Jawa oleh Pamannya yg bernama Syaikh Kasyful Anwar. ” Pondok Pesantren Datuk Kalampayan adalah satu peninggalan Beliau di Kalsel. Tak banyak saya tahu tentang Kehidupan Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari, namun saya masih ingat betul…….. waktu istri mengandung anak pertama tahun 1999 kira2 pada bulan Desember 1999 saya bermimpi didatangi dua Ulama Besar yang mengatakan agar anak yang didalam kandungan istri saya di jaga, dirawat dan besarkan dengan baik, dan nanti kamu akan tahu hasilnya nanti, saya bangun pas jam 1 malam, langsung sholat Tahajud. Lahir anak saya lelaki pada hari Selasa tanggal 11 Januari 2000 di RS Duren Tiga Jakarta Selatan Yang saya beri nama Muhammad Syakrawansyah Albanjari. Alhamdullilah sehat. Semoga mimpi ketemu dua ulama besar dari Banjar akan membawa berkah, hidayah, karomah dan fatonah buat anak2 saya, Keluarga, Agama dan Bangsa Indonesia. amin. By.Nurdjaedi. Nata Negara.

  9. Salam perkenalan ulun hulurkan barataan bubuhan org Banjar.
    Ulun dari Daerah Kerian, Perak, Malaysia. Kami di Malaysia amnya dan di Perak, khasnya sangat menyanjung tinggi Tuan Guru Sheikh Mohd Arsyad. Kitab sidin sabilal muhtadin lagi di jadikan kitab orang kuliah di mesjid wan pondok (pesantren) nang ramenya istilah banjar ngintu digunakan oleh tuan-tuan guru, limbah ngintu diperjelaskan dalam bahasa melayu baku. Kitab Perukunan bilang ada di setiap rumah orang Banjar. Keturunan sidin banyak haja nang bagana di Perak, Kedah, Johor dll. Amun barataan handak tahu, menteri kewangan di tahun 90’an iaitu Datuk Daim Zainuddin ngintu adalah cicit sidin dari anak yang bengaran Mas’ud. Sheikh Mas’ud ngini berkahwin wan anak Sultan Kedah, anak cucu sidin ada nang bebuka pasantren. Nang paling terkenal iaitu Tuan Guru Hj Huseein nang masuk pilihanraya (pemilu) pertama di Malaya pada tahun 1955. Sidinlah satu-satunya calun bukan kerajaan nang manang.
    Keturunan ulun datangnya dari Tungkal, dekat wan Tambilahan jua, lalu mambuka tanah di Perak. Sekian, wassalam.

  10. “Asalamualaikum Wr.Wb”
    Saya sangat suka akan ilmu – ilmu yang di wariskan oleh para ulama-ulama terdahulu,saya berpesan pada umat islam,janganlah kamu bercerai berai,kuatkan hubungan silaturahim sesama muslim”
    Tanda-tanda dazal sudah semakin nampak di permukaan bumi pertiwi ini”
    Para kaum kafir,yahudi,Nasrani akan semakin senang akan kehancuran umat islam.
    “Inna dina Indauloh Islam”Sesungguhnya agama yang diridhoi Allah adalah Islam”
    ALLAHU AKBAR”

  11. “Asalamualaikum Wr.Wb”
    Saya sangat suka akan ilmu – ilmu yang di wariskan oleh para ulama-ulama terdahulu,saya berpesan pada umat islam,janganlah kamu bercerai berai,kuatkan hubungan silaturahim sesama muslim”
    Tanda-tanda dazal sudah semakin nampak di permukaan bumi pertiwi ini”
    Para kaum kafir,yahudi,Nasrani akan semakin senang akan kehancuran umat islam.
    “Inna dina Indauloh Islam”Sesungguhnya agama yang diridhoi Allah adalah Islam”
    ALLAHU AKBAR
    “SUNTING”

  12. perkenalan ulun sampaikan gasan bubuhan barataan. ulun yang jauh diperantauan (Tarakan) marasa parak amun ada nang dilihati disini. salam haja gasan barataan, salam kenal… ali-tarakan

  13. ampun maaf dinsnak ai….kita kalau mengethui karomah beliau tu banyak…tapi yg harus kita kethui ilmu beliau yg sngt bermanpaat dunia dan akhirat,

  14. Assalamu’alaikum… Saya Ingin tahu mungkin ada nggak keturunan dari syech arsyad al banjari yang ada di Jombang Jawa timur… kalo ada yang berkenan memebri info silsilah dari Syech arsyad di Jombang jatim ke : Silankar@Gmail.com
    terima kasih Wassalamu’alaikum..

  15. Jalur nasab beliau ialah Maulana Muhammad Arsyad Al Banjari bin Abdullah bin Abu Bakar bin Sultan Abdurrasyid Mindanao bin Abdullah bin Abu Bakar Al Hindi bin Ahmad Ash Shalaibiyyah bin Husein bin Abdullah bin Syaikh bin Abdullah Al Idrus Al Akbar (datuk seluruh keluarga Al Aidrus) bin Abu Bakar As Sakran bin Abdurrahman As Saqaf bin Muhammad Maula Dawilah bin Ali Maula Ad Dark bin Alwi Al Ghoyyur bin Muhammad Al Faqih Muqaddam bin Ali Faqih Nuruddin bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khaliqul Qassam bin Alwi bin Muhammad Maula Shama’ah bin Alawi Abi Sadah bin Ubaidillah bin Imam Ahmad Al Muhajir bin Imam Isa Ar Rumi bin Al Imam Muhammad An Naqib bin Al Imam Ali Uraidhy bin Al Imam Ja’far As Shadiq bin Al Imam Muhammad Al Baqir bin Al Imam Ali Zainal Abidin bin Al Imam Sayyidina Husein bin Al Imam Amirul Mu’minin Ali Karamallah wa Sayyidah Fatimah Az Zahra binti Rasulullah SAW. (www.wikipedia.org)

  16. assalamulaikum wr.wb

    nama ulun muhaimin tinggal jln mesjid jami sungai jingah bjm
    sagan dingsanak barataan di banjarmasin maupun kalsel atau kalbar kaltim kalteng atau jawa dan malaisiya. tingkat kan iman islam ihsan kita selama ruh dan jasad kita masih di pelihara olloh. setiap hambasujud patuh taat bakti kepada olloh dan muhammad rasulullulah maka dia akan di pelihara dunia wal akhiroh. jangan lupa solat lima waktu dan ber zikir…?
    lailahailallah muhammadarasullulloh dimana pun kita berada maupun didalam air atau dikutup utara dia…….beserta kita olloh humma sholli ala muhammad

    wahai saudara ku dimana saja berada tingkat kan tali silaturami sesama muslim buang jauh jauhkekerasan dan per buatan keji dan kejam kalu anda ingin mulia di sisi olloh dan rasullulloh saw.
    mudahan saran ini bermampaat buat saudara ku dimana saja pian baada
    wasslam hormat ulun muhaimi aljami banjarmasin AKT.

  17. Ass.apa ada yg suah mendangar mupti datuk marais.kalau ada yg tau keturunan atau kisahnya tolng hub emeail ulun,abu_syech@yahoo.co.id

  18. asalamualaikum,ummi cuma ingin mengetahui sejarah banjar sebab asal datuk dari sebeiah bapa ibu keturunan syeih.adakah syeikh muhammad arsyad pernah bernikah dengan wanita banjar.kami cuma ingin tahu salasilah keluarga.

Tinggalkan komentar