Definisi Cinta

Imagine

Imagine

Arti Cinta

Di dunia ini ada banyak definisi cinta, ada banyak jenis cinta, ada banyak syair cinta baik yang dituliskan oleh filusuf, pujangga, sasterawan dan Alim Ulama tetapi memaknai cinta pada hakikatnya cinta kepada Yang Maha Memiliki dan Maha Kuasa. Ringkas kata tidak ada yang baku dalam mengartikan cinta, cinta itu berdasarkan rasa pengalaman manusia yang saling mencinta.

Dibawah ini sebagai penjabaran arti CINTA, yakni

1. Cinta itu COMITMENT.

Jika anda jatuh cinta kepada seseorang, maka mantapkanlah hati anda untuk melangkah ke jenjang pernikahan, janganlah anda mengatakan cinta dan berlaku seperti anak kecil yang suka mempermainkan mobil2an sesukanya karena cinta menyangkut hati dan perasaan manusia maka tak boleh main-main kan. Jika anda menaruh hati dan mencintai kekasih anda maka cinta itu perlu komitmen. Komitmen diperlukan untuk membina hubungan sesuai dengan tuntunan Agama yang dengan komitmen tersebut dapat tercapai pernikahan yang suci dan diridhoi oleh Allah SWT.

Dalam suatu percintaan, kita tak dibenarkan untuk memaksakan kehendak kita kepada oranglain, walaupun kita menaruh hati padanya, mencintai dirinya dan siap berkomitmen dengannya tetapi bila dia tidak mencintai kita dan mencintai orang lain maka kita tidak boleh memaksa-maksa pada dirinya, Jika kita Bersepakat dan komitmen kepada dirinya maka janganlah kita mengabaikan tanggungjawab pada pasangan. Bagi mereka yang sudah menikah, berikanlah nafkah wajib sesuai tuntunan Islam, amanah sebagai suami isteri harus ditunaikan sebaiknya.

Komitmen sebagai suami yang Arif bijaksana, Isterii yang solehah, agar dapat melahirkan anak-anak yang afiq, yang arif, yang anis, yang santun. Menjadikan rumahtangga dipenuhi mahabbah, mawaddah dan sakinah )

2. Cinta itu INTUITIVE: NALURI.

Cinta itu sifatnya naluri. Orang sering berkata bahwa “cinta itu di hati”, bila kita mencintai seseorang dengan tulus dan ikhlas maka apa yang kita rasakan adalah rasa cinta yang hangat penuh semangat tinggi dan kedekatan rindu ingin selalu bertemu dengan pasangan hati kita. Coba dekh buktikan (^_^)

Jika anda mencintai dan tak ingin disakiti maka janganlah kita menyakiti perasaan hati orang lain. Jika kamu ingin disayang maka berilah kasih saying kita seluhurnya dan sejujurnya kepada kekasih kita. Jika ada rasa bimbang, seringnya kita akan dapat merasa. Macam cinta ibu pada anak-anak. Sering mereka dapat rasa apa yang anak-anak mereka buat, yang baik atau tak baik untuk anak-anak, kan?

3. Cinta itu sebahagian nature: FITRAH

Cinta itu fitrah. Betul. Bila Nabi Adam dicipta, baginda rasa kesunyian. Allah ciptakan Hawa sebagai peneman. Rasa ingin disayanagi dan menyayangi tu fitrah manusia. Yang perempuan minat pada seorang lelaki. Ada lelaki jatuh cinta pada seorang wanita. Cinta itu benar dan suci.

4. Cinta sering terletak di puncak: TOP

Bila ada rasa cinta, kita akan sama-sama bekerjasama, saling mengasihi. Itulah nilai yang mengikat kita semua untuk terus bersatu. Sekuat cinta yang Allah SWT memberikan pelbagai nikmat hidup, cinta itu di puncak kehidupan.

5. Cinta itu sifatnya ALTRUISTIC.

Apa artinya ? altruistik maknanya melebihkan orang lain dari diri sendiri. Dalam lughah disebut al-itsar. Wah, Arti pengorbanan di sini. seperti kata Ustaz Hasrizal, makna hidup pada memberi. Bila cinta, kita sanggup berkorban untuk yang kita cinta dan kasihi.

Bila ada niat untuk membahagiakan yang lain, maka kita akan usahakan yang terbaik untuk memenuhi kehidupannya dengan bahagia dan sempurna. Cinta dan mencintai menuju cinta yang abadi kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s