Jembatan Barito

Jembatan Barito

Jembatan Barito

Jembatan Barito adalah jembatan yang membelah Sungai Barito di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan pulau kecil (Pulau Bakut) selebar 200 meter. Jembatan ini terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter, dan jembatan pendekat 180 meter, dengan lebar 10,37 meter. Ketinggian ruang bebas jembatan utama 15 – 18 meter, sehingga bisa digunakan untuk lalu lintas perairan.

Jembatan ini pertama kali diresmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto.

Tetapi sayang sungguh sayang, Aset negara ini (Jembatan Barito red:) kurang terpelihara,  kurang terawat, dan kurang diawasi oleh Pemerintah Daerah sehingga banyak terjadi pencurian material jembatan seperti Batang kawat, baut, besi dan sebagainya, jika terus dibiarkan maka akan mengakibatkan korban jiwa, Naudzubillah semoga tidak terjadi hal2 yang tidak kita inginkan.

Jembatan Barito sebagai penghubung trans kalimantan seyogyanya diperlihara dan dikemas sebagai tujuan wisata dengan menambah fasilitas wisata dan mempercantik keelokan Jembatan seperti pemasangan lampu hias disepanjang areal jembatan, adanya resort atau lainnya yang mendukung sebagai obyek wisata  sehingga Jembatan Barito menjadi salah satu Kebanggaan (landmark) Masyarakat Banjar dan menghasilan retribusi pendapatan bagi Pemerintah Daerah.

Semoga Hal tersebut dapat diwujudkan.

One thought on “Jembatan Barito

  1. Ya sbnarnya pemerintah daerah pro aktip dan menjaga sbgai mana mestinya jga kpda masarakat sktar ikt menjaga keamanan karena biaya smua adalah uang rakyat mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s