Nokia 3310 Classic

Nokia 3110 ClassicSaya beralih ke Nokia 3110c ini setelah sebelumnya memakai Nokia 6230, 6230i. Nokia 3110c ini HP nokia seri baru, walaupun seri 3 HP ini sudah cukup lengkap fasilitasnya antara lain Bluetooth, Infra Red, Radio FM Stereo, Kamera 1,3 Mp, layar TFT dan memory card micro SD. HP ini cukup tipis dan ringan dengan design keypad yang besar-besar sehingga sangat mudah dioperasikan untuk pemakai yang memiliki jempol besar.

HP ini juga dengan mudah dipairing dengan dengan device lain seperti PDA maupun notebook, baik menggunakan Infra Red maupun Bluetooth. Sehingga bisa internetan dari PDA/Notebook menggunakan GPRS dari HP ini. Sayangnya HP ini belum support 3G, sehingga hanya bisa GPRS untuk data komunikasinya.

Dengan Screen 128×160 mungkin agak kecewa bagi pemakai 6230i karena resolusinya lebih rendah, tapi lebih bagus karena sudah sudah TFT.

Yang cukup menarik dari Nokia 3110c adalah adanya aplikasi Yahoo! Go, dimana dengan aplikasi ini kita bisa membuka email Yahoo, berita, ramalan cuaca dan lain-lain. Selain itu juga aplikasi Instant Messages yang bisa dipakai untuk Chatting menggunakan Yahoo Messanger atau yang lain. Aplikasi ini bisa jalan di background sehingga saat kita aktifkan kita bisa menggunakan feature lain seperti call atau SMS. Jika ada message masuk maka akan ada pemberitahuan beep sesuai yang sudah kita setting. Dengan menggunakan feature ini maka bisa chatting sepuasnya dengan biaya jauh lebih murah dari biaya SMS.

Spesifikasi lengkap saya ambil dari GSM Arena (http://www.gsmarena.com/nokia_3110_classic-1862.php) sebagai berikut :

General Network GSM 900 / GSM 1800 / GSM 1900
Announced 2007, February
Status Available
Size Dimensions 108.5 x 45.7 x 15.6 mm, 72 cc
Weight 87 g
Display Type TFT, 256K colors
Size 128 x 160 pixels
– 5-way navigation key
– Downloadable wallpapers, screensavers
Ringtones Type Polyphonic (64 channels), MP3, AAC
Customization Download, order now
Vibration Yes
Memory Phonebook Yes, Photocall
Call records 20 dialed, 20 received, 20 missed calls
Card slot microSD (TransFlash), buy memory
– 9 MB internal memory
Data GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 – 48 kbps
HSCSD Yes
EDGE Class 10, 236.8 kbps
3G No
WLAN No
Bluetooth Yes, v2.0
Infrared port Yes
USB Yes, v2.0 miniUSB
Features Messaging SMS, MMS, Email
Browser WAP 2.0/xHTML
Games Yes + Downloadable, order now
Colors Black
Camera 1.3 MP, 1280 x 1024 pixels, video(QCIF)
– Push to talk
– Java MIDP 2.0
– MP3/MP4/AAC/AAC+/H.264/WMA media player
– FM stereo radio
– T9
– Calendar
– Calculator
– Built-in handsfree
– Voice memo
– Voice command
Battery Standard battery, Li-Ion 1020 mAh (BL-5C)
Stand-by Up to 370 h
Talk time Up to 4 h

Media Playernya cukup lumayan, dan bisa berjalan di background, sehingga kita bisa mendengarkan music sambil SMS-an. Radionya sudah FM stereo dan bisa menyimpan 20 channel, yang frekuensinya bisa kita seting manual atau menggunakan visual radio (Visual Radio ini membutuhkan connect ke internat, dimana kita bisa mencari radio di kota yang kita inginkan dan menyimpan freq nya ke hp kita)

HP ini dilengkapi memory Micro SD yang bisa digunakan untuk menyimpan photo, video, aplikasi maupun file-file lain.

Yang cukup menarik dari Nokia 3110c adalah adanya port miniUSB, sehingga kalau kita punya kable USB yang ujungnya miniUSB, kita bisa langsung colok ke PC dan Nokia 3110c ini bisa sekaligus berfungsi sebagai flash disk (Untuk OS Windows 2000 atau XP bisa langsung detect tanpa perlu driver tambahan, seperti layaknya flashdisk biasa). Ini merupakan feature baru yang cukup bermanfaat, sehingga kita bisa copy data dari/ke microSD yang ada di ponsel, tanpa memerlukan Nokia PC Suite atau Card Reader.

HP ini bisa menyimpan banyak sekali SMS, sampai saat ini di HP saya sudah ada sekitar 1100-an sms di inbox dan 1200-an SMS di Sent Item dan belum ada pesan bahwa message full. Saya tidak tahu batas maksimum berapa sms yang bisa disimpan, yang jelas di spec nya HP ini memiliki internal memory 9 MB. Untuk Contact, HP ini juga bisa menyimpan 2000 Contact (phonebook).

Ponsel ini juga sudah ada flash player didalamnya (tapi mungkin versinya masih belum yang terbaru), sehingga kalau kita punya file flash (extention *.swf), hp ini mampu menjalankan/membuka dan bisa dijadikan sebagai Wallpaper atau Screen Server, Cukup menarik karena file SWF sangat mudah kita peroleh di internet.

Selain feature-feature diatas, hp ini juga dilengkapi dengan Email dimana sudah ada predefine email setting untuk : Yahoo!Mail, GMail, AIM dll, sehingga kita tinggal memasukkan user/password kita bisa dapatkan email sesuai yang kita mau. Untuk email yang tidak terdaftar kita bisa setting untuk POP3, atau IMAP. Untuk menghemat bandwidth, di email ini ada setting untuk misalnya hanya meretrive header email, atau hanya meretrieve maximum jumlah email, atau membatasi ukuran email yang didownload.

HP ini (dan mungkin HP Nokia versi baru lainya) juga sudah mendukung Copy – Paste, sehingga kita bisa copy text yang ada di SMS, Calendar, Note dll (Mark – Copy) dan bisa kita paste ke tempat lain dengan mudah. Seperti Copy Paste yang biasa kita lakukan di PC/PDA.

Browser internalnya mampu memview docuument xHTML, dan kalau mau lebih sempurna bisa install Opera Mini yang bisa view HTML murni (bisa didownload dari http://wap.getjar.com dari HP atau http://www.getjar.com/products/3334/OperaMini)

Untuk install aplikasi java, dengan mudah bisa kita lakukan tanpa menggunakan Nokia PC Suite, karena dengan kita mencolokan miniUSB nya kita bisa langsung copy file *.JAR nya ke microSD dan menjalankanya dari HP.

N3110Sebagai nostalgia Nokia 3110 jaman dulu sudah pernah diproduksi oleh Nokia tetapi tanpa kata ‘Classic’. Modelnya bisa dilihat pada gambar disamping. HP nokia ini dulu dibuat tahun 1997, jamannya teknologi GSM masih baru di Indonesia. Untuk review HP jadul ini bisa baca di alamat http://www.gsmarena.com/nokia_3110-23.php. Kalau mau melihat perbandingan feature keduanya (Nokia 3110 dan Nokia 3110 Classic yang pembuatanya selisih 10 tahun) bisa click alamat http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone2=1862&idPhone1=23.

Kesimpulan :

Keunggulan : Konektifitas lengkap : bluetooth, miniUSB, infraRed. Memory internal cukup besar, bisa menyimpan ribuan SMS dan contact, ada ext memory MicroSD, Kamera 1,3 MP. Aplikasi di dalamnya cukup lengkap, Harga terjangkau (sekitar Rp. 1,5 Jt)

Kekurangan : Belum support 3G, resolusi masih 160×128

Lihat juga di webnya nokia di http://www.nokia.co.id/A4614293

4 thoughts on “Nokia 3310 Classic

  1. mo tanya aq jg punya 3110c, tp sekarang lg ada masalah….heng….no seri di hpnya yg mana ya trus kl mo daftar produk ke nokia gmn sih????ma ksh ya aq tunggu jwbannya

  2. saya punya hape nokia 3110c tapi sedang dalam masalah. kenapa ya hape saya tidak bisa mengirim sms dengan note “memory penuh, hapus beberapa item” padahal saya tidak menyimpan tidak ada file di memory tlp. di kotak masuk, konsep, kotak keluar ataupun berita terkirim tidak ada pesan .. sudah saya delete tapi kenapa tetap tidak bisa sms. mohon segera dijawab ke email saya. thanks before… ^_^

  3. NOKIA CORPORATION
    FCC ID : PPIRM-237
    IC : 661U-RM237
    TYPE : RM-237
    MODEL : 3110C
    06527/POSTEL/2008
    1766
    0514959
    356833/02/518788/5

    HP saya ini sering “hang”, sehingga saya kehilangan data no telepon,
    kalau ke NOKIA CARE, harus bayar Rp 150.000,00
    ini sudah kali yang ke tiga,
    apakah ada cara yang murah, sehinggan HP saya ini tetap bisa dipakai,
    apakah saya bisa down load dari internet?

    menurut NOKIA CARE Bekasi Square, jenis 3310c ini memang banyak yang bermasalah seperti yang saya alami ini, yaitu ‘hang’
    mohon bantuannya saya sebagai customer yang sudah membeli HP ini,
    saya juga sudah menyarankan teman-teman menggunakan HP ini, sayang mereka juga mengalami hal yang sama.
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s