Kesederhanaan Seorang Presiden Iran

iran-president-5.jpg


Televisi Fox Amerika pernah bertanya pada Presiden Iran Ahmadinejad : ”Saat anda bercermin di pagi hari, apa yang anda katakan pada diri anda?” Ahmadinejad menjawab, ”Saya melihat seseorang di cermin dan berkata padanya , ”Ingatlah, anda tidak lebih dari seorang pelayan kecil. Di depanmu hari ini ada tanggungjawab besar dan itu adalah melayani bangsa Iran”.

Itulah kalimat pembuka penyiar TV memperkenalkan seorang Ahmadinejad. Ahmadinejad, Presiden Iran yang mencengangkan banyak orang ketika menyumbangkan karpet Istana Presiden (berkualitas tinggi tentunya) ke sebuah masjid di Teheran. Ia lalu mengganti karpet istana dengan karpet murah.

Mantan walikota Teheran itu menutup ruangan kedatangan tamu VIP karena dinilai terlalu besar. Ia lalu meminta sekretariat istana mengganti dengan ruangan sederhana dan mengisi dengan kursi kayu. Sekali lagi fakta yang mengesankan…!

Dalam beberapa kesempatan Presiden juga bergabung dengan petugas kebersihan kota untuk membersihkan jalan di sekitar rumah dan istana Presiden.

Dibawah kepemimpinan Ahmadinejad, setiap menteri yang diangkat selalu menandatangani perjanjian dengan banyak ketentuan, terutama yang ditekankan adalah agar setiap menteri tetap hidup sederhana . Seluruh rekening pribadi dan keluarganya akan diawasi dan kelak jika masa tugasa berakhir sang menteri harus menyerahkan jabatannya dengan kewibawaan . Caranya adalah agar dirinya dan keluarganya tidak memanfaatkan keuntungan sepeser pun dari jabatannya.

Ahmadijed juga mengumumkan bahwa kemewahan terbesar dirinya adalah mobil Peogeot 504 buatan tahun 1977dan sebuah rumah kecil warisan ayahnya 40 tahun lalu yang terletak di salah satu daerah miskin di Teheran. Rekening tabungannya nol dan penghasilan yang diterima hanyalah gaji sebagai dosen sebesar kurang dari Rp 2.500.000,-. (U$ 250)

Asal tahu saja Presiden tetap tinggal di rumahnya. Satu-satunya rumah miliknya, salah satu presiden Negara terpenting di dunia secara strategi, ekonomi, politik dan tentunya minyak dan pertahanannya.

Ahmadinejad bahkan tidak mengambil gajinya sebagai presiden (yang merupakan haknya). Alasannya seluruh kekayaan adalah milik Negara dan ia hanya bertugas menjaganya.

Hal lain yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yang selalu dibawa setiap hari. Isinya adalah bekal sarapan, beberapa potong roti sandwinch dengan minyak zaitun dan keju . Ahmadinejad menyantap dengan nikmat makanan buatan isteri tersebut Di sisi lain ia menghentikan semua makanan istimewa yang biasa disediakan untuk presiden.

Ahmadinejad juga mengalihkan pesawat kepresidenan menjadi pesawat angkutan barang (cargo) dengan alasan untuk menghemat pengeluaran Negara. Presien juga memilih terbang dengan pesawat biasa di kelas ekonomi.

Ahmadinejad selalu melakukan rapat dengan para menteri kabinetnya untuk memantau semua aktivitas. Semua menteri bisa masuk ke ruangannya tanpa harus izin.Ia juga menghapus semua acara seremonial seperti red carpet, foto-foto dan iklan pribadi ketika jika mengunjungi Negara lain.

Jikalau harus menginap di hotel ia selalu memastikan untuk tidak tidur dengan ruangan dan tempat tidur mewah. Alasannya ia tidak tidur di tempat tidur tetapi tidur di lantai beralaskan matras sederhana dan sepotong selimut.

Apakah semua tindakan dan kelakuan presiden menimbulkan rasa tidak hormat?
iran-presiden.jpg
Coba bandingkan dengan foto-foto berikut. Ahmadinejad tidur di ruang tamu selepas dijaga pengawal kepresidenan seharian kemanapun ia pergi. Foto ini dibuat oleh adiknya dan diterbitkan harian Wifaq yang sehari kemudian menyebar di majalah dan Koran seluruh dunia terutama Amerika Serikat.

iran-president-2.jpg

Saat shalat berjamaah di masjid Presiden tidak duduk di shaf pertama.

iran-president-7.jpg

Foto terakhir adalah presiden sedang menikmati makan di ruang makan

Bagaimana dengan Presiden dan pejabat-pejabat serta anggota MPR/DPR kita?

Semoga Hati Pemimpin Bangsa ini tidak memikirkan keuntungan semata saja. Amin

About these ads

46 thoughts on “Kesederhanaan Seorang Presiden Iran

  1. Ini sangant menjadi panutan untuk saya dan terutama untuk pemimpin di Indonesia, yang jiwa dan hatinya tidak luput karena uang.
    Coba kalo gaji presiden dan mentrinya disamakan seperti gaji presidennya Iran yang gajinya 2,5 juta/bulan, pasti para pemimpin di indonesia tidak akan ada yang mau.
    Indonesia sebagai bangsa yang sangat kaya atas Sumber Daya Alamnya ini seharusnya bisa menjadi negara Adikuasa seperti Amerika. jadi Amerika tidak akan sombong lagi seperti sekarang ini.
    Presiden Ahmadinejad adalah orang yang pertama kali saya ingin temukan ketika di kasih kesempatan..
    Saya sangat mengagumi Kamu atas kerendahan hatimu Presiden Ahmadinejad.
    semoga kamu bisa menjadi contoh para petinggi di Negara Indonesia.
    Dan kalo boleh minta tolong,… tolong bilangin ke pejabat indonesia… agar jujur dan mengikuti jejak langkahmu yang berani membela kebenaran.

  2. salut atas perjuangannya dalam menegakkan keadilan. sungguh tokoh yang bersahaja. apa adanya.mengabdikan hidupnya benar-benar hanya untuk kemaslahatan orang banyak.subhanallah,luar biasa.mari kita contoh kesederhanaan, dan kemuliaan hati beliau.

  3. mahmud ahmadinejad seorang prisiden yg arif , bijaksana , mengetahiu tentang dunia khususnya di bidang politik, dan kerakyatan , dia selalu mengayomi masyarakat Iran .
    menurut saya dia sosok prisiden tauladan dan bijaksana

  4. saya salut dan saya sangat cinta pd org yg seperti presiden Iran Mahmud Ahmadinejad. dia mengikuti teladan Rasulullah saw dan ahlulbaitnya yag saya cintai. Allahuma soli ‘ala Muhamad wa ali Muhamad.

    • saya bangga dan tidak malu menjadi orang Indonesia. cuma saya malu dan kecewa dengan sikap beberapa pejabat kita yang korupsi dan kolusi. thanks.

  5. Luar biasa..mari kita sebarkan ini keseluruh masyarakat indonesia..mdh2an bangsa kita bisa terbuka hatinya, para pemimpin kita akan malu pada tingkah lakunya…memang seoran pemimpin haruslah seperti ini..sebagaimana Teladan yang ditinggalkan Rasulullah dan para Sahabat2nya…..

  6. Ya ALLAH,, sungguh mulia pemimpin seperti beliau,, beliau ttp menjga amanah TUHAN meski tlah berkedudukan,, patut jd contoh tauladan,,mga pemimpin2 yg lain bisa seperti beliau

  7. subhanallah
    lailahaillallah muhammadarurrasulullah

    hai pemimpin2 yg bejad lihatlah dan jadikanlah contoh tauladan
    dan ingatlah semua yg bernyawa pasti mati dan semuanya pasti akan dipertanggung jawabkan
    takutlah kalian kepada sang kholik

  8. semoga Allah selalu memberikan kerahmatan kepada beliau, dan semoga Allah memberikan pemimpin yang baik bagi negara ini amien

  9. semua pejabat indonesia mata duitan,ga tau pangkatyg di dpat y itu beban yg di pertanggung jwbkn,ni mah malah jd keesempatan wat ngerauk duit sebnyk2y,kaya tuyul-tuyul,law da pemimpin indonesia kaya beliau w akan ciuuuuuuum pantat y,trs w jg salut ma pres china,pejabat yg korupsi hrus d kirimin peti mati,,yar kapok pok pok

  10. subhannallah, bener2 ikhlas dan tulus banget jalanin tugas demi rakyatnya… allah akbar! kelak pemimpin kita pasti kaya begini. amiin

  11. kelemahan Indonesia di antara sejuta kehebatan nyang dimiliki adalah tidak mempunyai seorang pemimpin yang hebat…
    aku sedih tidak bisa hidup du jaman Muhammad SAW menerangi jalan kebenaran..
    aku juga sedih tidak hidup di jaman Soekarno menggebrak meja dunia..
    namun aku masih sedikit bangga hidup dimana masih ada seorang Ahmadinejad yang sayang berada nan jauh disana!

  12. Subnallah ……….
    Tapi memeng beginilah jika seseorang mengikuti Muhammad dan berwilayah kepada keluarganya. Sehingga kuningnya emas tidak ada bedanya dimata beliau dengan kuningnya
    ( Maaf ) kotoran manusia.
    Kenyataan membuktikan bahwa Iran dibawah kepemimpinannya mengalami kemajuan dalam segala bidang, termasuk militer.

  13. Saya….salut melihat Presiden seperti ini….dan hampir menitikkan air mata ketika melihat seorang pemimpin….hidup sangat sederhana….bahkan lebih sederhana dari kehidupan kita sehari-hari di Indonesia….
    Menjadi teringat cerita junjungan Nabi Besar kita, Muhammad SAW dan sahabatnya Umar Bin Khatab…dan sahabat-sahabat Nabi yang lain…..

  14. Ya Alloh…lindungilah bangsa-bangsa Islam di Timur Tengah dan khususnya Iran, Palestina,Suriah dan bangsa-bangsa Islam di seluruh dunia….
    Ya Alloh….lindungilah Iran dan hancurkan negara-negara agresor – dajjal (Israel, USA dan Inggris).

  15. YA ALLAH …berikanlah ketabahan,kesabaran dan kekuatan kepada presiden…Ahmadinejad…dalam menghadapi musuh musuhnya…yang selama ini bersikap jahat,dengki.dan semoga bisa di contoh oleh pemimpin negara lain.semoga DIA di beri kesehatan dan bisa melawan ZIONIS yang mengancam kedaulatan negaranya.AMIIIN…THE BEST Ahmadinejad .jadikanlah watak dan kepribadiannya dalam keluargaku.

  16. semoga menjadi pembela dan contoh bagi muslim dunia,saya yakin jika amerika coba-coba nyerang iran, amerika akan hancur dan israel hanya akan jadi kuburan masal..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: