DATU SANGGUL DAN KITAB BARENCONG

Profile Secara Umum

Pengenalan

Menurut riwayat, Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari pernah bertemu dengan Datu Sanggul sewaktu masih menuntut ilmu di Mekkah. Dalam beberapa kali pertemuan tersebut, keduanya kemudian sharing dan diskusi masalah ilmu ketuhanan. Hasil dari diskusi mereka tersebut kemudian ditulis dalam sebuah kitab yang oleh orang Banjar dinamakan kitab Barencong. Siapakah Datu Sanggul?

Berdasarkan tutur lisan yang berkembang dalam masyarakat dan beberapa catatan dari beberapa orang penulis buku, sepengetahuan penulis setidaknya ada tiga versi yang menjelaskan tentang sosok dan kiprah Datu Sanggul.

Versi Pertama menyatakan bahwa Datu Sanggul adalah putra asli Banjar. Kehadirannya menjadi penting dan lebih dikenal sejarah lewat lisan dan berita Syekh Muhammad. Arsyad yang bertemu dengannya ketika beliau masih belajar di Mekkah. Dalam suatu riwayat diceritakan bahwa Datu Sanggul pernah berbagi ilmu dengan Syekh Muhammad Arsyad dan melahirkan satu kitab yang disebut dengan kitab Barencong yang isinya menguraikan tentang ilmu tasawuf atau rahasia-rahasia ketuhanan dan sampai sekarang masih menjadi bahan perdebatan serta diragukan keberadaannya, karena tidak pernah ditemukan naskahnya. Namun walaupun demikian pengertian dari kitab Barencong itu sendiri dapat kita tinjau dan pahami dari dua sisi, yakni pemahaman secara tersurat dan secara tersirat. Secara tersurat boleh jadi kitab tersebut memang ada, berbentuk seperti umumnya sebuah buku dan ditulis bersama sebagai suatu konsensus keilmuan oleh Syekh Muhammad Arsyad dan Datu Sanggul (hal ini menggambarkan adanya pengakuan dari Syekh Muhammad Arsyad akan ketinggian ilmu tasawuf Datu Sanggul).

Kemudian secara tersirat dapat pula dipahami bahwa maksud kitab Barencong tersebut adalah simbol dari pemahaman ketuhanan Syekh Muhammad Arsyad yang mendasarkan tasawufnya dari langit turun ke bumi dan simbol pemahamanan tasawuf Datu Sanggul dari bumi naik ke langit. Maksudnya kalau Syekh Muhammad Arsyad belajar ilmu ketuhanan dan tasawuf berdasarkan ayat-ayat Alquran yang telah diwahyukan kepada Nabi Saw dan tergambar dalam Shirah hidup beliau, sahabat dan orang-orang sholeh sedangkan Datu Sanggul mengenal hakikat Tuhan berdasarkan apa-apa yang telah diciptakan-Nya (alam), sehingga dari pemahaman terhadap alam itulah menyampaikannya kepada kebenaran sejati yakni Allah, karena memang pada alam dan bahkan pada diri manusia terdapat tanda-tanda kekuasaan-Nya bagi mereka yang mentafakurinya. Dengan kata lain ilmu tasawuf Datu Sanggul adalah ilmu laduni yang telah dikaruniakan oleh Allah kepadanya. Karena itulah orang yang ingin mempelajari ilmu tasawuf pada dasarnya harus menggabungkan dua sumber acuan pokok, yakni berdasarkan wahyu (qauliyah) dan berdasarkan ayat-ayatNya “tanda-tanda” (qauniyah) yang terpampang jelas pada alam atau makhluk ciptaanNya.

Versi Kedua, menurut Zafri Zamzam (1974) Datu Sanggul yang dikenal pula sebagai Datu Muning adalah ulama yang aktif berdakwah di daerah bagian selatan Banjarmasin (Rantau dan sekitarnya), ia giat mengusahakan/memberi tiang-tiang kayu besi bagi orang-orang yang mendirikan masjid, sehingga pokok kayu ulin besar bekas tebangan Datu Sanggul di Kampung Pungguh (Kabupaten Barito Utara) dan pancangan tiang ulin di pedalaman Kampung Dayak Batung (Kabupaten Hulu Sungai Selatan) serta makam beliau yang panjang di Kampung Tatakan (Kabupaten Tapin) masih dikenal hingga sekarang. Salah satu karya spektakulernya yang masih dikenang hingga kini adalah membuat tatalan atau tatakan kayu menjadi soko guru masjid desa Tatakan, sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Sunan Kalijaga ketika membuat soko guru dari tatalan kayu untuk masjid Demak. Tidak ada yang tahu siapa nama asli tokoh ini, sebutan Datu Sanggul adalah nama yang diberikan oleh Syekh Muhammad Arsyad ketika beliau menjawab tidak memakai ilmu atau bacaan tertentu, kecuali “hanya menjaga keluar masuknya nafas, kapan ia masuk dan kapan ia keluar”, sehingga dapat secara rutin pulang pergi sholat ke Masjidil Haram setiap hari Jumat.

Versi ketiga, berdasarkan buku yang disusun oleh H.M. Marwan (2000) menjelaskan bahwa nama asli Datu Sanggul adalah Syekh Abdus Samad, ia berasal dari Aceh (versi lain menyebutkan dari Hadramaut dan dari Palembang). Sebelumnya Datu Sanggul sudah menuntut ilmu di Banten dan di Palembang, ia menjadi murid ketiga dari Datu Suban yang merupakan mahaguru para datu yang ahli agama dan mendalami ilmu Tasawuf asal Pantai Jati Munggu Karikil, Muning Tatakan Rantau. Informasi lain yang berkembang juga ada yang menyatakan bahwa nama asli Datu Sanggul adalah Ahmad Sirajul Huda atau Syekh Jalil. Datu Sanggul atau Syekh Abdus Samad satu-satunya murid yang dipercaya oleh Datu Suban untuk menerima kitab yang terkenal dengan sebutan kitab Barincong, beliau juga dianggap memiliki ilmu kewalian, sehingga teristimewa di antara ketigabelas orang murid Datu Suban.

Datu Sanggul lebih muda wafat, yakni di tahun pertama kedatangan Syekh Muhammad Arsyad di Tanah Banjar. Berkat keterangan Syekh Muhammad Arsyad-lah identitas kealiman dan ketinggian ilmu Datu Sanggul terkuak serta diketahui oleh masyarakat luas, sehingga mereka yang asalnya menganggap “Sang Datu” sebagai orang yang tidak pernah shalat Jumat sehingga tidak layak untuk dimandikan, pada akhirnya berbalik menjadi hormat setelah diberitakan oleh Syekh Muhammad Arsyad sosok Datu Sanggul yang sebenarnya.

Banyak cerita yang lisan yang beredar di masyarakat berkenaan dengan keramat Datu Sanggul. Diceritakan bahwa Kampung Tatakan pernah dilanda Banjir, akibat hujan lebat, sehingga jalan-jalan di Kampung tergenang oleh air. Pas ketika hari Jumat, biasanya orang kalau mengambil air wudhu di sungai yang mengalir, dengan duduk di batang. Tetapi ketika Datu Sanggul datang dan berwudhu dalam penglihatan orang-orang di masjid beliau menceburkan diri ke sungai, tetapi anehnya ketika naik, badan beliau tidak basah.

Jamaah Masjid juga pernah menyaksikan ketika shalat, dalam beberapa menit tubuh Datu Sanggul melayang di udara dan hilang dari pandangan orang banyak. Riwayat juga ada menceritakan tentang berpindah-pindahnya kuburan dari Datu Sanggul dari beberapa tempat, sampai yang terakhir di Tatakan.

Berdasarkan paparan di atas menjadi satu catatan penting, untuk menggagas kembali penelitian sejarah yang mengungkapkan riwayat hidup tokoh sentral masyarakat Tapin ini secara detail, guna melengkapi dan memperkaya khazanah tulisan-tulisan yang sudah ada mengenai riwayat hidup, sejarah perjuangan dan kiprah beliau di Bumi Kalimantan, seperti “Riwayat Datu Sanggul dan Datu-Datu” oleh sejarawan Banjar Drs. H. A. Gazali Usman, atau pula “Manakib Datu Sanggul”, oleh H.M. Marwan. Tenut saja, agar generasi yang hidup di masa sekarang dan masa mendatang tidak pangling terhadap sejarah dan tokoh yang menjadi “maskot” daerah mereka. Dalam artian bukan maksud untuk mengagung-agungkan apalagi mengkultuskan mereka, tetapi untuk mengikuti jejak hidup, perjuangan dan akhlak postif sesuai prinsip ajaran agama yang telah ditorehkannya. Wallahua’lam.

About these ads

149 thoughts on “DATU SANGGUL DAN KITAB BARENCONG

    • Mnurut spengetahuan b saya, kitab barencong di bawa oleh datu nuraya yang memiliki kuburan panjang lebih dari 20meter, yang berada di desa tatakan!
      Di namakan kitab barenconk karena kitab trsbut terbagi menjadi 2 bagian!
      Dan keberadaan kitab barencong saya yakini benar ada.a
      karena masih ada orang yg mewarisi.a!
      Kata orang tersebut kitab barencong ada di sisi nya saat dia bangun dari tidurnya!
      Yang juga di dalam tidurnya ada mimpi yang memuat pesan2.

      • menurut saya kita sebagai orang ber iman wajib mengatahuinya dan mempelajarinya. ilmu yg di pakai oleh datu kita / sanggul. dan aku berharap / berdoa mudah2han allah mebukakan hijab dinding, mendapat keredoan allah sehingga mejadi termasuk orang yg medapat kan ilmu datu sanggu walau pun hanya sedikit. begitulah mungkin harapan kita sebagai mukmin yg beriman

      • ASALAMUALIKUM. MAAF SAYA INGIN BERTANYA ADAKAH PANTUN INI SALAH SATU DARIPADA UNGKAPAN DATUK SANGGUL DALAM KITAB NYA.

        RIU-RIU PADANG SIBUNDAN DISANA SINI PADANG SITAMU TAMU
        DENDAM RINDU HATIKU
        KEPADA TUHAN
        DISINI KITA BERTEMU

        ALLAHU AKBAR.

  1. Mau dong buat temen2 kalo ada informasi kitab barencong. please email ke alamatku ya. bagi temen2 ag mau sharing juga boleh
    wasslam

  2. Bismillahirrohmaaniirrohiim………..

    Al-hamdulillah….. Postingan kali ini, sangat baik sekali di tampilkan. Sehingga sejarah ttng adanya Kitab Barincong benar2 nyata adanya, bukan hanya sekedar dongeng tetapi memang benar2 ada.

    Dan Kitab Barincong menipmpulkan dari seluruh kitab2 Taswuf yang ada bahkan ada juga yang mengatakan dengan kitab “Penelanjangan Tuhan” Ujar urang Banjar!!!!

    Salam

    Pengembara Jiwa

  3. @ krisna jaya. Saya tinggal di Muara Teweh, Kab. Barito Utara, KALTENG. Kaka saya kebetulan memiliki 2 kitab barencong. Namun bukan untuk dipublikasikan, apalagi dipahami melalui nalar sendiri. katanya sih, Kalau mau mempelajarinya harus “KAJI DUDUK” kata orang banjar. Harus berguru ke orang yang lebih mengerti dan bisa membimbing. Saya mengakui ketinggian kandungan ilmu kitab itu. Luar biasa, tidak tertandingi oleh orang biasa. Syeh Arsyad al Banjari saja mengakui, apalah arti pujian saya ini. Saya pengagum beliau. Pernah suatu ketika saya mengamalkan menjaga hati dari segala keinginan dunia. Apa yg terjadi? dunia seakan melayani saya, saya diberikan sesuatu yg td nya saya keluarkan dari hati saya. Sayang semua itu sudah tiada lagi. Titik dosa terlalu tebal untuk menutupi penglihatan mata batin. Saya hanya manusia biasa yang mencoba mengenal tasawuf, tetapi saya tidak sanggup menghadapi dunia. skarang keadaan berbalik, saya lah yang melayani dunia.

    • Assalamu’alaikum Rhony,saya sangat terkesan dgn kitab barencong yg sdh pernah saya dengar dr pembimbing saya,pd saat sy mempelajari ilmu tasawuf lbh krg 17 th yg lalu..dan sy ingin mencari kitab barencong tersebut utk menambah ilmu pengetahuan saya dibidang ilmu tasawuf dan Insya Allah saya dptkan melalui bantuan sdr Rhony utk mengcopykan 2 bh kitab barencong tsb,sy mohon bantuannya,jk bisa,harap dpt menghubungi sy di no.082148670277,akan sy kabari almt pengirimannya,utk diketahui ilmu tasawuf dr Syekh Arsyad Al-Banjari sy sudah ada..

    • saudara yang seiman dan seagama, apa boleh aku minta saliman kitab berencong yang ada ditempat saudara kamu walau hanya sebuah copy. terima kasih sebelumnya dari aku muhammad said

  4. @ Pengembarajiwa kalimat “Penelanjangan” ALLAH Ta’ala mohon agar lebih diperjelas supaya tidak salah dalam penafsiran. Maaf, diri yg miskin ilmu ini mencoba berbagi sedikit. Mohon dikoreksi jika ada yg kurang bahkan salah, kalimat “Penelanjangan” ALLAH Ta’ala dari sedikit yg saya dengar adalah jika kita membeberkan karomah/karunia kita yg diberikan Allah Ta’ala kepada kita kepada orang yang bukan ahlinya (siap2 saja, anda akan dikatakan kafir bagi yg tidak memahaminya). Termasuk juga katanya kalau kita memberitahukan nama Allah Ta’ala (nama yg tidak tertulis dan tidak terucap). dimana menurut sebagian orang, bahkan cicak pun akan masuk sorga jika mendengar nama Allah Ta’ala tersebut. Perkataan Syeh siti Jenar, adalah benar. Dia katakan tidak ada SITI JENAR, yg ada Allah Ta’ala. Para wali lain pun memahami itu adalah benar dalam pandangan tasawuf. Tapi bagaimana pandangan orang awam? apabisa menerima perkataan temen anda misalnya namanya UDIN. lalu Udin berkata “udin tidak ada,yang ada Allah Ta’ala”?

    Terima kasih kepada yg punya blog, semoga kasih sayang Allah Ta’ala selalu tercurah kepada Anda. Yang benar dari Allah Ta’ala datangnya. Kesalahan, semata2 kemiskinan pemahaman/kekhilapan saya. Mohon koreksiannya.

    • Assalamu’alaikum Ikhwatal Iman ..
      Dalam suatu penulisan tidaklah pernah terbersit dihati saya untuk memaparkan hal2 yang menyimpang dari koridor ISLAM…….Dalam riwayat Datu Sanggul banyak terdapat kisah yg mana versi benar hanyalah Allah Ta’ala yang mengetahuiNya apalagi masalah tasawuf…..yang tidak semua memiliki pemahaman yang sama……Penulispun menyadari segala bentuk kekurangan/kekhilafan/kesalahan yang ada. Tidaklah elok bila kita belajar masalah tasawuf tanpa adanya Mursyid/Tuan guru yang membimbing yang mengetahui betul kaedah2 tasawuf dan koridor tasawuf seutuhnya….Kritisi anda sangatlah diharapkan untuk memberikan masukan dan perbaikan dalam penulisan selanjutnya… Semoga hidayah dari Allah SWT menyertai kita kaum muslimin agar selalu padu dan dipereratkan demi tegaknya Syiar Islam. Amin Ya Rabb
      Dari Seorang miskin Ilmu……

    • manusia itu tak ada yg ada hanya tuhan atau para supi melihat baju dari kain dari benang dari pohon dari tuhan atau dgn pirman nya tiada yg mewujud slain wujud ALLAH

  5. mohon maaf jika analisa saya ini salah, saya hanya la orang awam yang baru mengenal sejarah Datu Sanggul itupun setelah saya bertugas di Kalsel sebelumnya saya belum pernah mendengar cerita tentang beliau.
    berdasarkan analisa saya, saya sependapat bahwa Datu Sanggul bukan la orang asli Banjar dengan alasan sebagai berikut :
    1. setelah saya ziarah ke makam beliau, saya sempat bertanya kepada masyarakat yang berada di sekitar makam mengenai siapa yang mengurus makam beliau (yang umumnya sebutannya disebut juru kunci) apakah keluarganya dan dijawab oleh masyarakat bahwa beliau tidak pernah menikah. kalau la beliau pernah menikah, meskipun beliau bukan orang Banjar, maka akan ada yang mengurus makam beliau khususnya dari pihak keluarganya atau dari pihak keluarga isterinya tetapi hal tersebut tidak saya temukan di sekitar makam beliau.
    2. selain pertanyaan diatas, saya pun bertanya kepada masyarakat di sekitar mengenai asal usul Datu Sanggul, dan secara kompak mereka menjawab bahwa Datu Sanggul berasal dari Palembang. Hal ini dapat diketahui bahwa nama lain untuk beliau adalah palimba… (maaf saya lupa & mohon dikoreksi) yang sebenarnya lebih merujuk ke daerah dari mana beliau berasal.
    berdasarkan analisa diatas yang insyaallah dapat dimengerti oleh masyarakat awam (karena saya tidak mau menggunakan analisa secara kebatinan takut tidak dapat dimengerti dan salah), maka saya berkesimpulan bahwa Datu Sanggul bukan la asli orang Banjar, melainkan orang……………..
    Assalam….. Datu Sanggul.

  6. Wah rhony coment kamu bagus… Kalau boleh tau u tgl dimana? Sbb aku jg tgl di muara teweh. Aku pengen shering lebih jauh tentang ilmu ketuhanan. Dan kalau anda pengen ilmu haraplah anda belajar dan mencari guru untuk menggali ilmu dan tidak salah pengertiannya. Karna ibadah kalau kita tidak tau yg kita sembah sama aja g ada artinya…

  7. wah sangat menarik sekali.dan perlu untuk menambah wawasan .betapa indahnya tasawuf,,,,,,, luar biasa ……dan luar biasa beratnya kalau belum terbiasa……

    sunaryo

  8. menurut sumber yg terpercaya datu sanggul nm aslinya Abdussamad palembangi,kemudian menikah dengan orang kampung tatakan ttp tdk diceritakan keturunannya,karena sewaktu dtu kelampayan ( Arsyal Al-Banjari )maelangi beliau ditatakan beliau dismbut oleh istri datu Sanggul,datu sanggul menyuruh isteri beliau utk memasak makanan pd hari itu karena ada tamu dari Bjr yang akan baelang kerumahnya hr itu.setelah menyerahkan kitab barencong yang setengahnya kpd dt kalampayan maka saat itu jua Dt Sanggul Berpamitan untuk pulang keHadirat Illahi,sebelumnya kitab barencong itu belum ada namanya,ttp setelah dibelah miring jd dua dengan kuku Dt.Sanggul sewaktu bertemu di Mekkah maka kitab itu bentuknya miring ( Rencong/bhs Hulusungai ).kemudian masing2 mbawa satu baik Dt Sanggul dan Dt.Kalampayan
    dgn perjanjian akan bertemu ditanah Banjar.pdhal satu sama lain belum tau kampungnya masing2,tetapi dgn karunia ilmu dr Allah SWT mereka scara kebatinan dan petunjuk Allah Taala mereka berdua dpt bertemu,demikianlah kabar terpercya yg tercntum dlm beberapa buku manakif beliau, ( terakhir menurut kabar dr cerita yg beredar dimasyarkat bjr,Risalah KItab Barencong terakhir berada ditangan Guru Sekumpul sebagai Pewarisnya. ( Wallahua’alam ).

  9. assalamu’alaikum……….
    terima kasih atas tulisannya yg sangat bermanfaat, bayak para wali-wali yg belum sy ketahui & ini bermanfaat buat sy yg awam ini, sy memang bukan orang banjar tp sy berguru kepada sorang mursyd dr banjar, mudah2an tulisan ini menambah khasanah wawasan & pengetahuan dan adab sy kpd auliya – auliya allah.
    terima kasih.
    wasalamu’alaikum

  10. MUDAH-MUDAHAN KITA UMAT MUSLIM MAMPU SEPERTI DATU SANGGUL, MENJADI HAMBA ALLAH YG DI KASIHI NYA. AMIN YA ROBBAL ALAMIN………….

      • lalu apakah syeh maulana sendiri udah selamat ?………………….
        apakah syeh maulana kenal dengan Allah?………………………………
        kalo emang kenal jelaskan ?…………………………………………………..
        kalo emang jejak datu sanggul tidak bisa selamat tuk diikuti ,lalu jejak siapa ,?……………….. apakah jejak syeh maulana yg bisa menyelamatkan ,kalo emang syeh menyalahkan ,berarti syeh sudah punya kitab sendiri ya yg bisa nyelamatkan umat ,
        maaf ya syeh ini bukan masalah mengikuti jejak , orangkan cuman pengen tau apa sebenarnya yg terkandung didalam buku sejarah datu sanggul itu ,masa kalu cuman pengen tau dah dibilang ngikuti jejak ,sedangkan isi dalam kitab tersebut kan mengambilnya dari Al Qur an juga
        wassalam

  11. bila kita membicarakan tentang ilmu tasawuf,dan para ulama yg menyebrknnya akan terasa sngt tidak lengkap bila tidak menyebutkan syaikh abdul hamid abulung. .

  12. @ Rhoni: dmn saya bisa mendapatkan kitab barencong,,,???? klo ada info tlg kbri saya ya,,, via email atau hub no saya 0813 17075769,,, trims,,,!!

  13. SUBHANA ALLAH menyelam di dunia hakikat bnyak pro kontra tp mnurut ku tasauf jln kebenaran mencari tuhan dlm diri ! jgn kya org syariat mencari tuhan ke langit ya ga akan ktemu lah

  14. kitab barencong atau kitab yang dipotong 2 bagian secara diagonal,setengahnya adalah “JALAN” dan potongan yang setengahnya lagi adalah “HASIL”.. merupakan karangan dari syech. Abdul Hamid Husin atau syech. abdul hamid Abulung yang dikupas atau diuraikan oleh datu kalampaian atau syech muhammad arsyad al-banjari bersama Datu Sanggul atau Siirajjul Huda.. kayanya ini yang pernah saya kutip dari seseorang..

  15. Sebenarnya dimana kitab Barencong itu skrg ? apakah ahli waris / yamg bertanggung jawab mengizinkan di copy krn ada bbrp orang (yg saya tahu) py copy nya, apakah itu bs dipertanggung jawabkan ? mohon jawaban dari kaum muslimin !

    • biasanya para guru menurunkan kepada murid untuk meneruskan siar agama,jadi kalaupun masih ada kitab berincong pasti ada pada murid2 beliau yang memang dinilai beliau bisa menggantikan posisi beliau…

    • kitab BARENCONG atau kitab yang dipotong 2 bagian secara diagonal

      ,setengahnya adalah “JALAN”

      dan potongan yang setengahnya lagi adalah “HASIL”..

      merupakan karangan dari

      syech. Abdul Hamid Husin atau Syech. Abdul Hamid Abulung

      yang dikupas atau diuraikan oleh

      Datu Kalampaian atau Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari

      bersama Datu Sanggul atau Siirajjul Huda atau Syech Akhmad Al-Falembani..

      SEDANG DATU SAGGUL SENDIRI KARANGAN BELIAU ADALAH KITAB 104,YG MULANYA KITAB 104 ADALAH KARANGAN DATU SUBAN.. NAMUN DIEDIT ATAU DI SEMPURNAKAN OLEH DATU SANGGUL

      Buat saudara2 yg ingin lebih yakin bisa datang kepada H.M.Nasir atau saya bantu saudara menuju beliau 081952885188

  16. dari apa yg pernah saya baca tentang datu sanggul yg bernama abd samad yg sbelum kdatangan nya ke kalimantan sdh di ketahui guru nya yaitu datu suban.

    • saya setuju,karena saya pernah di ceritakan oleh kakek saya yg membawa kitab berincong kepada datu suban iyalah datu nur raya,jadi di beri nama datu nur raya kedatangan beliau membawa kitab,tepat di hari raya,,dan itu di saksi kan oleh murid datu suban yg memiliki karomah tersendiri,
      saya bingung ja ada beberapa orang yang saya kenal dengan baek mengakui bahwa kitab berincong ada di tempat dia,,
      sebenar na kitab berincong ada berapa?
      dan siapa ahli waris?
      maaf kalau kata kata nya kurang lengkap

  17. kitab barencong atau kitab yang dipotong 2 bagian secara diagonal

    ,setengahnya adalah “JALAN”

    dan potongan yang setengahnya lagi adalah “HASIL”..

    merupakan karangan dari

    syech. Abdul Hamid Husin atau Syech. Abdul Hamid Abulung

    yang dikupas atau diuraikan oleh

    Datu Kalampaian atau Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari

    bersama Datu Sanggul atau Siirajjul Huda atau Syech Akhmad Al-Falembani..

    Buat saudara2 yg ingin lebih yakin bisa datang kepada H.M.Natsir atau saya bantu saudara menuju beliau 085248881884

  18. sebenarx kitab barencong itu salah….
    dan datu sanggul berkata bahwa nabi muhammad pernah mengaku allah…
    dri mna nabi muhammad mengaku allah sedangkan dia adalah nabi..,
    dan nabi saw. pun bisa meninggal dari mna jlnx allah bisa mati

    • Maaf sebelumnya, sy cuman pengen berbincang saja kpada syekh maulana, setau sy didalam kitab barencong tdk ada nabi muhammad pernah mengaku allah. Pada kitab barencong berdasarkan dari 2 hadist qudsi yaitu: 1). bainullah, 2). bainullah quruba’in, 3). bayan insan.

    • kalau emanng kitab beroncong itu salah, lalu bagaimana yg benar ,apakah syekh maulana ada menerbitkan kitab karangan sendiri juga, jadi syekh maulana berani mengambil kesimpulan bahwa kitab berocong itu salah, tanpa mengetahui sendiri apa yg terkandung didalam kitab tersebut
      apakah syekh maulana sudah ma’rifatullah?,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    • syekh…..jangan mengkaji kisah/kitab…..jadinya tekaji kisah/kitab anda
      belajarlah dgn yg ber hak mengajar…tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri cina, ini sesuai hadist. mereka tidak perlu titel-titelan macam syekh…ngakunya syekh tapi mengenal didirinya aja belum…semoga anda mendapatkan ilham. “Manusia tiada daya upaya tanpa kuasa dan ijin Alloh”….emang nulis banyak gini tangan manusia yg berkehendak sendiri…

  19. bagaimana ilmu datu sanggul yang tersurat didalam kita barincung tentang ilmu hakikat, / ilmu ketuhanan kalo bleh saya tau mohon di kasih buat saya. ats perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  20. Kita hidup di dunia berkat RASULULLAH SAW dan semata-mata hanya karena ALLAH SWT ,maka carilah keridha’an disisi-NYA ,karena ilmu itu hanya milik ALLAH SWT dan akan diberikan kepada siapapun yg dikehendaki-NYA,dan harusnya manusia selalu mensyukuri akan ni’mat yg ALLAH berikan kpd manusia,tetapi kebanyakan manusia selalu mengingkari ni’mat TUHAN

  21. Banyak kutipan salianan dari kitab barencong..biasanya dipakai oleh guru2 tausauf untuk dasar melajar kepada para murit…kebetulan sy mengoleksi puluhan kitap yang berupa salinan manual yang katanya kutipan dari kitab barencong, (buku tidak ada dipasaran).
    Cuma yang mesteri bagi saya dimanakah kitab barencong yang asli, ada riwayat lain mengatakan kitab yg asli sudah gaib waktu kitab belah bakencong itu di satukan kembali…
    HP sy 0813 4880 2259

  22. Asal nama kitab Barencong itu bernama ” Babul Haq” menurut riwayat berasal dari Datu Nuraya, lalu ke Datu suban Terus ke Datu Sanggul, terus ke Datu Kalampayan…

  23. Allah itu keberadaanya sedia, Dia meliputi semesta sekalian alam..tidak ada sesamanya ” Laisya Kamislihi Syaiun…
    kata org tua dahulu org mencari Tuhan itu seperti ikan seluang berenang di air, tapi dia malah sibuk mencari wujud air…dan semakin pusingnya ikan mencari air
    dia berenang ketabarak kayu yang sedang goyang2 di tempuh air..lalu kayu bertanya kepada ikan, kamu cari siapa..ikan bilang lagi nyari yg namanya air…lalau kayu ketawa gakgakgakgak….bukanya disekeliling mu air yang kamu cari..lalau ikan ikan terhenyak dan baru iaya sadari apa yang iya cari selama ini…

  24. is kandungan kitab barencong tentang fiqih dan tauhid
    tp kitab barencong menjadi misterius karna sampai sekarang tidak d temukan d alam sahada…cba teman cari d alam gaib siapa tau ad yang tau….

  25. Wah, saya pernah di tahun 1960 an kitab “Barencong ” tapi belum pernah melihatnya. Jadi kitab ini antara ada dan tidak.
    Karena banyak orang yang bercerita keberadaannya sehingga agak banyak percaya daripada tidak.
    Jadi masalah kitab barencong bagi saya wallahu ‘alam, kiranya hal ini cukup menjadi pendapat bagi yang belum pernah melihatnya. TK

  26. #
    yuzikunurraya
    Januari 12, 2011 pukul 5:59 am | #32
    Balas | Kutip

    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.

    kitab BARENCONG atau kitab yang dipotong 2 bagian secara diagonal

    ,setengahnya adalah “JALAN”

    dan potongan yang setengahnya lagi adalah “HASIL”..

    merupakan karangan dari

    syech. Abdul Hamid Husin atau Syech. Abdul Hamid Abulung

    yang dikupas atau diuraikan oleh

    Datu Kalampaian atau Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari

    bersama Datu Sanggul atau Siirajjul Huda atau Syech Akhmad Al-Falembani..

    SEDANG DATU SAGGUL SENDIRI KARANGAN BELIAU ADALAH KITAB 104,YG MULANYA KITAB 104 ADALAH KARANGAN DATU SUBAN.. NAMUN DIEDIT ATAU DI SEMPURNAKAN OLEH DATU SANGGUL

    Buat saudara2 yg ingin lebih yakin bisa datang kepada H.M.Nasir atau saya bantu saudara menuju beliau 081952885188

  27. Wah bakaln aliem buanget touch lonya dc bsa menguasai ktb brencong tu..
    Lox da yg bsa ngjarin q tlong yach kbri q d jln padat karya no 13 sungai rangas tengah kec martapura barat.

  28. assalamualaikum…
    saat ini
    kitab barencong tu kadada dialam kita yg nyata ni..adanya dialam lahut alam shagir sana..yaitu diwadah datu abulung sungai paring martapura kalsel..perlu anda tau bahwa kitab barencong yg asli tu takkan pernah bisa terbaca oleh orang awam kaya kita..isi kitab tu hanya gambar dan tulisan arab aneh tulisan arab tnpa baris tnpa guratan… makanya kitab barencong tu sebujurnya sudah mau di bakar oleh datu kalampaian,,krna digair kan yg mbaca bsa gila..tapi jer datu sanggul jgn..maka kitab barencong yg dikarang oleh datu abulung dibelah dua secara diagonal dengan kuku ibu jari datu sanggul..yg sisi kiri jalan..yg sisi kanan adalah hasil.. maka bila ada yg mempelajari sebelah kiri aja,,maka kada akan pernah tuntung2..bila telajari yg sebelah kanan,,nah, tu bnyak yg siwah,hingga kd besembahyangan lagi,kda puasa… tapi tenang,,kitab tu sudah di edit oleh guru2 yg mursyid hingga bsa dipelajari scra benar… yg tdinya hnya brupa gambar sm tulisan arab gundul kda begurat…sekarang dah mulai ada baris pada tulisan arabnya… pesan sorang 1..hati2 belajar ilmu kaya ini,,banyak yg siwah..bisa2 kd bsembahyangan lagi… sorang orang awam yg handak bebagi info kepada dangsanak yg menggeluti dunia ilmu ini.. mun hndak sorang antarkan kewadah guru H.M.Nasir Banjarmasin.. 081952885188 ni nope sorang,, ingat saat ini ilmu lagi bersemayam di banjarmasin..jgn berfikir negatif,,selalu lah berprasangka baik..okay..? hehehe… wasalam

    NB:DATU SANGGUL PENGARANG KITAB 104 YG MERUPAKAN PENYEMPURNAAN DARI KITAB GURU BELIAU,YAITU DATU SUBAN…

    • Hehehe…..alhamdulillah kada pernah lagi mendangar urang belajar ilmu agama bisa siwah,kecuali belajarnya sorangan atau dari buku tanpa ada guru pembimbingnya, sungguh aneh klo orang belajar ilmu agama bisa siwah atau gila….

      • masa ada siwah, kda masuk akal ,salahkah kalo kita ngetahui ilmu ketuhanan , masalahnya kita bertuhan pang jadi wajarlah kalo kita wajib mengetahui Allah ,lawan jua mun siwah kyapa siwah nya sedang buhan wali wali itu urang biasa jua kaya kita,yg madahakan siwah itu urang yg kda mempunyai filsafat hidup,siwah ae bagi urang awam yg kda mau bepikir tentang tuhannya,heheheheheh

  29. nga perlu repot2 mencari kitab barincong. yg penting adalah kt semua tahu bahwa islam itu agama yg mulia,maka dr itu pahami lah islam,kuatkan aqidah kt semua,perbnyk belajar tentang islam,mulai dr syariat tarekat hakekat serta ma’rifat kepada ALLAH,melalui metode mengenal akan asal kejadian diri ini maka niscaya anda2 semua tahu akan apa arti dr apa itu yg diberi NAMA kitab barencong WASALLAM.

  30. setelah saya amati perihal tha sya wup memang perlu guru yg mursid karna jikalau tanpa guru mursid kt nga akan bisa memahami kandungan arti tentang ilmu tsbt jd kalau ada teman teman niat untuk belajar hndk lah kpd yg ahlinya karna ilmu ini sangat rumit pemahamannya

    • jangan cari kitab’y tapi cari urang’y………”man arofa nafsahufaqod arofa robbahu waman arofa nafsahu fasada zasad” arti’y..barang siapa mengenal akan diri’y maka ia mengenal akan tuhan’y maka binasalah wujud diri’y,,,jadi yang mengenal itulah yang mengenal dan yang dikenal itulah yang mengenal,seperti isyarat nabi : AKU KENALKAN TUHANKU DENGAN PENGENALAN TUHANKU JUA..be’arti siapa yang ada URANG’Y

      • mantaaap aqu setuju sekali heheheheh
        karena awal awal beragama adalah mengenal ALLAH ,jadi nyamn sembahyang tahu lawan yang diembah ,kda tesembah asma haja

  31. Rasullah di utus ke muka bumi untuk menyempurnakan ahlak.
    maka itu kita di anjurkan untuk menguasai rukun islam :

    1 sahadat. bersaksi tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah
    2 sholat.mencegah berbuat mungkar
    3 puasa. menahan hawa nafsu
    4 jakat. berbagi dengan bsaudara kita yang tidak mampu/menjaga silaturahmi
    5 Qurban & haji. lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt / haji supaya jadi panutan buat keluarga masyarakat.
    lima hal diatas semua menyakut menjaga ahlak untuk selalu baik.

    bukan maksud ana menggurui alangkah elok kalau kita bersama sama umat Islam yang lain saling mengingatkan akan kebaikan. sebelum belajar yang lain mari kita sempurnakan yang 5 ini dulu. untuk pertahan tiang agama.

    • SESEORANG TIDAK AKAN SEMPURNA JIKA TIDAK MENGENAL AKAN DIRI’Y…”man arofa nafsahu faqod arofa robbahu waman arofa nafsahu fasada zasad” arti’y..barang siapa mengenal akan diri’y maka ia mengenal akan tuhan’y maka binasalah wujud diri’y,,, “AWLUDIM MA’RIFATULLAH” awal-awal agama mengenal allah.

    • emang benar kta anda ,bagaimana kita mau sempurna yg lima ,sedang sahadat saja cuman dibaca duang ,tidak tau siapa yg menyaksikan sahadt itu ,itu masalahnya sahadat adalh kesaksian bukan bacaan saja kalo emang tiada tuhan selain Allah Allah yg mana anda maksut,bersaksi tapi tidak kenanl dengan yang disaksikan maka sahadat itu tidak kan sempurna,
      sholat bagaimana kita sholat tujuan sholat itukan menyembah Allah, tapi
      bagaimana mau menyembah Allah ,sedang kita tak kenal dengan Allah,
      dikatakan diatas tadi nabi diutus tuk nyempurnakan akhlak bukan rukun islam bahkan itu tidak ada dalilnya yg mengatkan nabi diutus nyempurnakan rukun yg lima ,tetapi akhlak ,lalu bagai mana juga dengan ayat awaludin ma’rifatullah,sedang dikatakan awal awal beragama adalah mengenal Allah
      wassalam

  32. assalamualaikum … gak ad salah’y kta mlajari ilmu to .. Bla kwa sbrataan ilmu kta lajari … Imbahto pkirakan ae sorang mna yg bagus yg kwa d terima oleh akal pikiran kita,nangitu z yg d ambil alias d pakai … Wasalamualaikum

  33. pd sy tiada salahnya mcari ktab.yg pting punya tpt rujuk.ilmu itu jika dsimpan aje tdk bguna.harusnya dperbincangkn n dhuraikn.barulh imarak dunia ini.kitab itu tak lain dari AKU.

  34. kebetulan dirumah da kitab berencong cuman copy nya…..diwariskan dr alm.nenek ulun yg bernama h.antung maisyarah…cuman ulun kd suah membacanya karna kd tapi faham tulisanx arab gundul…..pernah ditanyakan dgn guru kesalianx kitab tu memang bujur kitab berencong

    • assalamualaikum wrwb,
      maaf ulun amunkawa bisa dirimi foto copynya kena ulun ganti biayanya
      ulun ba alamat di Gang Pesut 1 Rt.04 No.38 kelurahan tanjung laut indah bontang selatan nama abdul aziz m, no.hp. 082156282819, tarima kasih,
      email: muslim.abdulaziz46@yahoo.com

  35. ulun si bungul..hnya ingin mndoakn mudh2n kalian smua..mndptkn ap yg kalian inginkan..tp jgn lp…doanya untuk bliau pra aulia dan ambiya..trmsuk sidin…Amiiin

  36. BISSMILLAH……mun kada sajalan lawan ajaran panghulu kita NABI MUHAMMAD….jangan diumpati..coy……pasti itu ajaran pacangan manyesatkan……

  37. Untuk bljr ilmu tasauf bljr dlu ilmu syari’at (fiqh)..
    Krn tanpa ilmu syariat tdk akn smpai kpd ilmu yg laenx, ilmu syari’at ini jmbtn ibadah…
    Mulailah dulu dr ilmu syari’at.. kalau dh matang bru ilmu tasauf..
    Krn ilmu tasauf ini pembersih ‘ibadah dr membuang riya, takabbur dll…

    Ada ulama mengatakan…
    Beribadah tanpa ilmu syari’at niscaya ibadahx d tolak…

    Kalau kta org di kotaku(martapura)..
    Jar urang banjar..
    Pandirrrr tasauf…
    syari’at bungul…
    urg itu kd tasauf tp tarauf…

    Ujar org bnjr lagi..
    Belajar tasauf ketinggian, ilmu syari’at bungul, urg tu kna akhirx jd ilmu sabuku(sesat)…

    Ujar guru bahari…
    Kada usah bljr tasauf ketinggian nank ae..
    Akhlak lwn makhluk dlu bujuri..
    Mun sdh bujur hnyr ke tasauf..

    Mun pandanganku..
    Munx ada urg pandir tasauf tarus tp ilmu syari’at bungul..
    Urg to kshx ja tasauf kd bjur2 urg tasauf…
    Ngaranx tasauf tu andakx di hati kd di muntung…

    Kesimpulanx..
    Munx hndk bljr ktb barencong, bujur2 dlu bljr ilmu syari’atnya..
    Lwn cari gurux yg bjur2 ahli bidang tasauf…
    Bnyk yg tersesat bljr ilmu tasauf lwn kd gru ahlix..
    Ujung2x jd ilmu sabuku..

    Wassalam… By anak mtp PPD..

  38. ulun PERCAYA WALIYUAH ITU ADA SAMPAI SEKARANG,DAN SIDIN/PARA WALIYULLAH ITU CUMA PINDAH TEMPAT. KALAUPUN ulun TIDAK SEJAMAN LAWAN SIDIN,ulun PERCAYA SAMPAI SEKARANG PARA WALIYULLAH ADA..
    Mudahan Kita MENDAPAT TAUPIK DAN HIDAYAH…

    AMPUN MAAF DARI ulun KALAU ADA KATA KATA YG SALAH
    by
    UDIN/BURHANUDDIN

  39. Bujur paman JULAK ae apa jar piyan tu..

    han tasalah nulis ulun maksud ulun WALIYULLAH.

    *********************************************
    * UJAR ABAH GURU,BEAJAR ITU NYAMAN BANAR,, *
    * MENGAMALKAN NYA ITU BERAT… *
    *********************************************
    AMPUN MAAF DARI ulun kalau ada salah dan khilaf
    by
    UDIN/BURHANUDDIN

  40. mabrur :
    SESEORANG TIDAK AKAN SEMPURNA JIKA TIDAK MENGENAL AKAN DIRI’Y…”man arofa nafsahu faqod arofa robbahu waman arofa nafsahu fasada zasad” arti’y..barang siapa mengenal akan diri’y maka ia mengenal akan tuhan’y maka binasalah wujud diri’y,,, “AWALUDIN MA’RIFATULLAH” awal-awal agama mengenal allah.

  41. mabrur :
    SESEORANG TIDAK AKAN SEMPURNA JIKA TIDAK MENGENAL AKAN DIRI’Y…”man arofa nafsahu faqod arofa robbahu waman arofa nafsahu fasada zasad” arti’y..barang siapa mengenal akan diri’y maka ia mengenal akan tuhan’y maka binasalah wujud diri’y,,, “AWLUDIN MA’RIFATULLAH” awal-awal agama mengenal allah.

  42. amun masih berkata-kata KASAR dan JOROK labih baik KADA USAH MENUNTUT ILMU AGAMA mambuang liur basi… I : ingin S : selamat L : lakukan A : ajaran M : muhammad (ISLAM)

  43. “TIDAK AKU CIPTAKAN 7 LAPIS LANGIT 7 LAPIS BUMI BESERTA ISI’Y HANYA KARNA ENGKAU YA KEKASIHKU MUHAMMAD”….MUN KAYTU KITA INI SIAPA??????………

  44. Alhamdulillah puji dan syukur atas kehadrat Allah swt,terima kasih saudaraku berataan,”Brng siapa mencintai walilullah maka sama dngn mencintai Allah,maka dngn kecintaan itulah kita akan d cintai Allah”apapun ajarannya,apapun kitabnya,yg penting setiap yg kita dalami harus benar2 mempunyai seorang guru yg benar2 istiqamah dlm ilmunya,seorang syekh murabbi mursyid.yg bisa menjelaskan,tentang syariat,hakikat,tarikat,dan ma,rifat.mudahan kita lbh mencintai seorang ulama,urang alim,terlebih2 waliullah,bkn yg trjdi jaman sekang,hanya yg kt tau,anak band,gosip,dan film2 dr barat yg mungkin menyesatkan umat rasullulah saw,krn ulama,ambiya,dan aulia adalah pewaris para nabi.

  45. assalammualaikum wr lilahitaala wb ulun kada sependapat lawan kawan kita nm mabrur .kita ini tdlah lepas dr pd salah dan hilaf .jadi kita ini harus menuntut ilmu semua jngan tidak walaupun org itu sangat zalimx niscaya allah membkakan pintu bertobat.jangan kita pandang sebelah mata nanti picak (buta) doronglah semangat teman kita ynag ingin belajar ilmu agama,anak kecil aja sdh disuruh ngaji ?????

  46. Menurut ane tidakada kitab yang lebih tinggi dari Al Qor”an. Jadi jangan mencari kitab yang sulit di dapat dan derajatnya dibawah al Qor’an.Sekarang ini sudah sedikit orang yang bisa baca Al Qor’an.Memahami alQor’an harus berguru kepada ahlinya.Kitab selanjutnya adalah Al Hadis.Dari kiab bukhari Muslim sampai Kitab sembilan.Baru kitab lainnya. Intinya adalah Melaksanakan segala yang disuruh Allah dan menjauhi egala yang dilarang Nya.Pasti anda selamat duni akhirat.Takwa itu adalah jalan dan Selamat Dunia Akhirat itu adalah Hasil.Jadi al Qor’an itu berisi ajaran jalan dan hasil juga. wassalam .Birayang 27 juni 2011

  47. pak haji, anda benar, tak ada yg lebih benar dari Al Quran yg diberi oleh Yang Maha Gaib, Yang Maha Besar dan Yang Maha Kuasa, tdk ada yg dpt memberi pertolongan selain Dia, pelajari Al Quran maka anda akan dapat kegaiban yg luar biasa. hanya saja kita tdk dpt mengerti kitabullah tersebut tanpa petunjuk dari org2 yg ahli, yg benar. seperti imam2 dll. Al Quran dijelaskan oleh berbagai macam kitab yg banyak sekali yg tdk mungkin kita selami semuanya karena luasnya ilmu Allah. jadi kita pilih yg kita mampu yg sesuai dg diri kita untuk dunia akhirat, tanpa meninggalkan ilmu yg paling pokok. saya juga ingin mengingatkan kita semua khususnya diriku sendiri agar tdk mengomentari sesuatu yg tdk kita ketahui, yg tdk kita saksikan sendiri, apa lagi dgn nada negatif, bisa jadi itu fitnah dan dosalah kita, apa lagi thd ulama2 yg telah berbuat jasa bagi agama dan bangsa ini, di jaman mereka sendiri tdk ada ulama yg menentang mereka, kita berlindung kpd Allah dari ketidaktahuan dan kesesatan kita. Semoga Allah Swt merahmati mereka dan mengampuni dosa2 mereka. Maha suci Allah yg Maha Tinggi. maafkan kata2ku ini pada anda2 semua, wassalam

  48. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Ta’ala Wabrakatu ..
    Salam Sejahtera atasmu sekalian Wahai Saudaraku Yang dimuliakan oleh Allah Swt ..

    Segala puji bagi Allah SWT, Rabb semesta alam. KepadaNyalah kita bersyukur atas limpahan kenikmatan yang tak pernah berhenti dikucurkanNya kepada kita. Dialah Allah Azza wa Jalla yang telah memberikan nikmat keimanan dan kesehatan kepada kita.

    Dialah pula yang telah menyisipkan hidayah dalam hati kita, yang dengan hidayah tersebut, Allah Ta’ala telah menggerakkan hati kita untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi Segala LaranganNya. Tak lupa Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga kecintaan kita kepada beliau Rasulullah SAW tidak akan luntur hingga kita terlepas dari raga, Semoga iman kita barataan kaum muslimin dipeliharakan oleh Allah Swt, dimudahkan beribadah kepadaNya, diluaskan rezeki yang halal dan thoyiib dan kemudian daripada itu Allah Swt juga mempertemukan kita denganNya, dengan kekasihNya nanti di syurga, bersama dengan para Nabiyyin, shiddiqin, syuhadaa’ dan shalihin. Amiin Ya Rabb.

    Wahai Saudaraku Yang dimuliakan oleh Allah Swt ..
    Seperti yang pernah saya utarakan didepan bahwasanya belajar Ilmu Tasawuf harus adanya Mursyid/Tuan guru yang membimbing yang mengetahui betul kaedah2 tasawuf dan koridor tasawuf seutuhnya bila tidak maka akan salah jalan … Berbeda pendapat boleh2 saja namun hendaknya tetap dalam koridor berkasih sayang diantara saudara satu Aqidah …Tidaklah semua orang dapat mempelajari, memaknai dan memahami betul Ilmu Tasawuf melainkan orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah Swt.

    Janganlah perbedaan menceraiberaikan ukhuwah kita dan janganlah saling menyalahkan ..
    Jadikahlah perbedaan tersebut sebagai rahmat bagi kita semua …

    Penulis meminta maaf, minta ridho dan halal atas segala kesalahan/kekhilafan, semoga Allah Swt memberikan ampunan bagi diri kita dan mendapatkan kebahagiaan dunia wan akhirat.

    Wassalamu’alaikum Warahmatullah ..
    Si miskin ilmu

  49. ma’ rifatullah ,itulah kewajiban setiap mahluk indupidu atau golongan ,karna apa ? bertuhan tapi tidak kenal dengan Tuhan,itulah orang yg tidak memiliki filsafat hidup,al qur’an hanya jadi bacaan hapalan saja tidak pernah memahami apa ma’na ,maksut ,tujuannya, hanya cuma tahu diarti saja , al qur’an kalo kita pahami hanya sebatas arti, kita kan tertipu,apalagi hanya sekedar membaca saja apalah artinya, karena didalam al qur’an masih banyak yang tersebunyi,yg kita tidak bisa memahaminya kecuali kita manggunakan nawu atau saraf ,belagah mantik baru kita tahu apa ma’na maksut dan tujuan arti dari dalil tersebut,seperti berzikir, kalo cuman bacaan saja apalah artinya ,zikrullah ingat kepada Allah , Allah yg mana yg kita ingat sedang kita sendiri tidak kenal dengan Allah , hanya kenal nama saja,menyembah Allah atau sembahyang tapi tidak tahu apa yg disembah,maka itu kan menjadi sebuah hayalan belaka, itulah syariat tanpa hakekat akan hampa,,taklid buta: hanya mengikuti paham dsb tanpa mengetahui alasan atau dasar hukumnya , taklid buta tidak dibenarkan dalam al qur’an ,kita harus mempunyai filsafat hidup supaya kita tidak menjadi orang awam,maka dari itu janganlah kita buruk sangka dengan manusia , itu otomatis kalo taklid pasti buruk sangka, sebaliknya ,kalo buruk sangka pasti taklid

  50. Assalamualaikum wr wb…Membicara kan ilmu itu mudah..Tapi mengamalkannya yg susah…
    Bagaimana mau memetik buah bila kita tidak menanam,bagaimana kita bisa mencapai ilmu-
    kesempurnaan bila kita tidak beramal dgn ikhlas ,orang yg bisa tembus di ilmu ma’rifat itu orang itu pasti beramal..di setiap hari, setiap jam,setiap menit,setiap detik tidak ada lupanya dgn ALLAH SWT,
    DISETIAP GERAK DAN DIAM,DISETIAP KELUAR MASUK NAFAS,PERKATAAN,PENGLIHATAN,PENDENGARAN,PENCIUMAN,AKAL PIKIR,HATI…semua jadi amalan,”Mengenal diri yg saudara katakan” arti nya mengenal segala kebesaran NYA,dimulai dari diri masing-masing..tubuh kita yg adam ini adalah dosa besar,harus dibersihi
    terus menerus..misal mata sudah kah melihat yg baik-baik..dan seluruh anggota tubuh udah kh…
    melakukan yg baik ….didalam beramal kita harus bersih yg zahir dulu…knp zahir hrs di bersihkan
    krn kita mau menghadap ZAT YANG MAHA SUCI…cara nya Sempurnakan MANDI,jangan asal kubui jar banjar,guyur bhs indo..sempurnakan wudhu (belajar dgn orang yg tau,jgn belajar di sekolah aja…banyak nya guru yg alim) Baru beramal dgn ikhlas,
    INI ORANG BANYAK KETINGGALAN DI DAERAH SINI,MAUNYA LANGSUNG KE MA’RIFAT,
    BAGAIMANA MAU JADI…MA’RIFATNYA ? SELURUH ANGGOTA TUBUHNYA YG ADAM AJA MASIH KOTOR PENUH DOSA…Padahal ini sangat erat hubungannya dgn ilmu yg di sebut MA’RIFAT……SUBHANALLAH…

  51. Assalamu’alaikum Wr.. WB
    ulun handak betakun, dimanalah ulun bisa mendapatkan lukisan/gambar “Saraba Ampat” Datu’ Sanggul.

  52. matikan dirimu sebelum kamu mati, tidak sempurna iman islam seseorang tanpa tauhid dan ma’ rifatullah,tujuh wali mengartikan tujuh bismillah yang artinya tajali allah ( allah itu nyata di >>>>>>>>>) seyeh arsad al banjari berpesan kepada cucu – cucunya dan kita semua umat islam siapa yang tidak berpegang kepada tajlli allah maka matinya sama dengan binatang……terlau banyak berzikr kalaw tidak tahu siapa yang di zikir maka hukumnya haram karena cuma bisa menyebut namanya saja. benar kata orang tua dulu aturlah napasmu siang dan malam kalau kamu tahu kuncinya maka siang dan malam kamu akan selau beribadah kepada allah dan selalu ingat kepadanya…………………………banyak belajar pintar ae

  53. roh itu asalnya dari nur muhammad
    batang tubuh asalnya dari tanah
    pemecahannya :
    batang tubuh asalnya dari tanah, tanah asalnya dari air, air asalnya dari angin, angin asalnya dari api, api asalnya dari nur muhammad nur muhammad asalnya dari allah taalla.
    bearti batang tubuh dan roh sama sama dari nur muhammad. untuk mencapai makam wali allah itu banyak berzikir karena banyak berjikir dan kita tahu siapa yang di zikirkan jangan cuma bisa menyebut tidak tahu siapa yang disebut oke sobat wasalam

  54. manusia itu di suruh allah di dalam al quran utuk berpikir makanya jangan juma pasrah dan gigit jari janga kamu menjadi seseorang yang matinya sama dengan binatang

  55. yang sebenar benarnya diri itu hayat, yang sebenar benarnya hayat itu sifat, yang sebenar benarnya sifat itu rahasia, yang sebenar benarnya rahasia itu ……………………………………………..cari sendiri

    • ass… handak umpat bekasak nah ,,heheheee
      m,f sebelum na om ya .. menurut saya yg anda ungkap dsini bgus ,,tpi m,f saya ga ikut ,,karna menurut saya martabat 7 tidak luput dari yg 7,,hayat kalau tidak ada hayun kayapa ,,,maksih ass

  56. tuntutlah ilmu itu semata-semata karna ALLAH,,,,,,
    yakinlah bahwa ilmu itu diberikan kepada umatNYA yang menyakini bahwa ALLAH adalah segala2nya dan semua pergerakan baik itu api,air,tanah,dan angin (perngertian umum) adalah awal dalam kita menuntut ilmu…………………

  57. Sekarang tidak usah perdebatkan kitab, atau ilmu tasauf, tapi berfikirlah sejenak, apakah kita sudah jadi manusia(beriman) ,krna tidak sempurna manusia yang tidak beriman. .(ingat allah berfiman, .puasa bagi orng yg beriman,. Slat jumat hanya untuk org yang beriman, dan semua peringatan hanya untuk orang beriman, .dan apakah kita sudah beriman???. .syarat menjadi manusia di mata allah, atau orang beriman . .sperti firman allah dalm SURAH AL MU’MINUN, . “sesungguhnya beruntunglah orang2 yg beriman, .@yaitu orang2 yang khusyu didalam shalatnya@ dan orang2 yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna.@ Dan orang2 yang menunaikan zakat@ dan orang2 yang menjaga KEMALUANNYA@ kecuali terhadap istri mereka,@ barang siapa mencari yang di balik itu maka meraka itulang yang melampaui batas. .@. .@
    , .
    Nah, skarang apa kita sudah jadi manusia yang seperti itu? Saya rasa tidak anda tau jawabanya, karena anda bisa tanya diri anda, .

    • Assalm…..
      Aq satuju blajar ilmu hati2 jaman wayahini biar baguru bisa jadi siwah / sabuku, guru nya kd ahli jw, hati2 ae (memadahi aku sorangan)
      Ilmu tu kada gasan di perdebatkn yakolo kaya itu kolo tah kisah nya

    • *> semakin di puja dunia semakin miskin #
      *> Semakin ditakuti neraka semakin tenggelam#
      *> semakin diharapkan sorga semakin jauh#
      *> tetapi semakin diCINTAI ALLAH SEMAKIN LEBIH NIKMAT TERAMAT DAN TAK TERLUKISKAN OLEH RASA DAN KATA# wassalam….

    • ass,, ulun setuju lawan pian om rudyan,
      tpi ulun da jua om ae mendangar ,,jar org toe mun tebuka mata hati,maka tertutup lah mata kepala ???heheheheeeee

  58. umay ramenya ae,ayuha trusakan z.surang jd pembaca setia z nah.mudahan dlm pembicaraan ini kd diumpati rasa ria angkuh lawan kada diumpati iblis.Amin dan mudah”an dirahmati Allah dan diberi hidayah Amin amin Allahuma amin

    • legend of kitab barencong bah di telan bumi, jangan kan kitabnya satu helai kertas dari isi kitab barencong itu sendiri entah berada di sana, apakah kitab barencong hanya sebagai filsafati saja yang hingga sekarang belum ada fakar yang dapat mengurai makna hakikinya

      • egend of kitab barencong bah di telan bumi, jangan kan kitabnya satu helai kertas dari isi kitab barencong itu sendiri entah berada di mana, apakah kitab barencong hanya sebagai filsafati saja yang hingga sekarang belum ada fakar yang dapat mengurai makna hakikinya

  59. untuk mendapat pemahaman bagi generasi muda kalimantan dan tidak hilang ditelan zaman, kiranya perlu dilakukan penelitian secara khusus dan mendalam tentang bibliografi para tokoh/ulama kalimantan bahari dan kemudian di bukukan sebagai refrensi bacaan yang menambah wawasan bagi generasi mendatang

  60. Ass wr wb Semua,
    Ilmu itu Di Pelajari, Di Hayati, Di Mengerti, Bukan Untuk Di perdebatkan.

    Membahas Datu Sanggul, Apa Bila Ada yg Menyebutkan Beliau Orang Palembang atau Orang Banjarmasin ( KAL-SEL ), itu Hak Kalian Semua, Karena Kita Hidup Bukan Di Jaman Beliau.

    Wss Wr Wb.

  61. Insya Allah, semua keterangan di atas benar adanya.!!
    Bismillahirrohmanirrohim.
    3 (tiga)murid + 1 murid Al- ‘Arif Billah, Alimul ‘Allamah As-Sayyd As-Syeikh Muhammad bin Abd. Karim As-Samman Al-Madani ,yaitu:
    1. Syeikh Ja’far ( Muhammad Arsyad Al Banjari – Datu Kelampaian )
    2. Syeikh Abdul Wahab-Bugis
    3. Syeikh Aburrahman Misri Al Batawi
    + plus 1 (satu) Abdussamad Al Palimbani ( Ahmad Sirajul Huda – Datu Muning/Datu Sanggul )

    Semua Murid diatas, pulang berlayar dari Mekah menuju Batavia .
    Bertolak dari Jeddah,rombongan menuju tanah air dengan perasaan haru, namun penuh optimis dalam mengemban misi da’wah Islamiyah.dilandasi dengan niat yang Ikhlas.
    Laut merah telah ditinggalkan ,samudera Hindia telah dilewati,pulau Sekatrah telah pula dilalui,maka tibalah rombongan di pulau Pinang. kemudian menuju Kedah dan Perak,selanjutnya melalui jalan darat mereka menujui Singapura.(Menurut riwayat dalam rombongan, ikut serta Syeikh Daud Fathani).
    dalam perjalanan pulang ke Betawi rombongan singgah di pulau Penyengat Riau, disana Syeikh Muhammad Arsyad sempat mengajar di Mesjid pulau Penyengat Riau.
    Oleh Sultan Riau,sebagai ucapan terima kasih maka di hadiahi sebuah Tasbih dari akar kayu Bahar.yang sampai sekarang masih ada dalam pemeliharaan kami (Zuriat Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari).
    Dalam perjalanan menuju Betawi, Syeikh Abdussamad – pun turut pula mengikuti,sebagaimana Syeikh Daud Fathani; beliau tidak langsung menuju kampung halaman meskipun sudah dekat dengan kota Palembang . dan setelah Muhammad Arsyad beserta menantu Banjar, barulah mereka kembali kekampung halamannya masing-masing.

    ” Tiba di Betawi ”
    Syeikh Muhammad Arsyad membetulkan arah kiblat beberapa Masjid, diantaranya :
    1. Masjid Jembatan Lima – Jakarta
    Disana ada Memoria yang tercantum dalam bahasa Arab,yang maksudnya : Arah Kiblat Masjid ini dipalingkan sebanyak 25 derajat oleh Syeik Muhammad Arsyad Al-Banjari,pada tanggal 4 shafar 1186 H – 7 Mei 1772 M.
    2. Masjid kampung Luar Batang – Jakut
    3. Masjid Pekojan.

    tentang Kitab Barencong, adalah lebih kepada-Nya
    A. Tiga Murid diatas adalah
    1. Muhammad Arsyad ( ‘Ilmu Syariat ), makalah Syariatnya: bahwa contoh membetulkan
    arah kiblat masjid yang salah
    2. Syeikh abdul Wahab – Bugis ( ‘ilmu Thariqot ),artinya thoriqot tanpa syariat percuma !!!
    juga sebaliknya , Makalah dari itu Abdul Wahab mengikuti Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari setelah dinikahkan dengan Syarifah, Walaupun kemudian diketahui bahwa Syarifah sendiri telah dinikahkan dengan Usman dan telah mendapatkan satu orang anak, bernama Muhammad As’ad. Tetapi setelah diteliti oleh Syekh Muhammad Arsyad berdasarkan hitungan Ilmu Falak maka dapat disimpulkan bahwa pernikahan Abdul Wahab dengan Syarifah yang dilakukan oleh Syekh Muhammad Arsyad dengan kedudukan Wali Mujbir di Mekkah lebih terdahulu waktunya daripada pernikahan Syarifah dengan Usman melalui Wali Hakim di Martapura. Karena itulah akhirnya pernikahan Usman dan Syarifah difasakh atau dibatalkan, dan ditetapkan bahwa Abdul Wahab-lah yang menjadi suami Syarifah.
    3. Syeikh Abdurrahman Misri Al-Batawi ( ‘llmu Hakikat )

    Ketiganya Ilmu tersebut diatas, Wajib terangkum kepada ‘Ilmu Ma’rifat .yang ada pada Beliau dibawah ini :
    1.Abdus Samad al-Palimbani adalah seorang tokoh ulama Indonesia. Menurut sumber-sumber melayu, nama lengkap Al-Palimbani adalah ‘Abd Al-Shamad bin ‘Abd Allah Al Jawi Al-Palimbani, tetapi sumber-sumber arab menamakannya Sayyid ‘Abd Al-Shamad bin ‘Abd Al-Rahman Al-Jawi.

    Al-Palimbani lahir pada sekitar tahun 1116H/1704M di Palembang. Ayahnya adalah seorang ulama, yang pernah menjadi Qadhi Kesultanan Kedah, sementara Ibunya adalah seorang puteri dari negeri Palembang, yang bernama Radin Ranti.

    Al-Palimbani dikenal sebagai ulama Melayu-Indonesia, yang paling menonjol di dalam jaringan ulama abad ke-18M. Al Palimbani banyak melewatkan masa hidupnya, sebagai penulis dan tenaga pengajar di Haramain (Makkah-Madinah). Beliau diperkirakan wafat pada tahun 1203H/1789M, yakni setelah menyelesaikan karya terakhirnya Sairussalikin ila ‘Ibadah Rabb Al-’Alamin.

    Lebih kepada-Nya untuk dapat menyusun itulah kurang lebih semuanya belajar
    30 tahun di Mekkah dan 5 tahun di Madinah. yang mana kemudian Datu Sanggul sudah dulu berada di tanah Banjar sebelum Datu Kelampaian tiba di Banjar.yang menetap di kampung Tatakan-Rantau.

    Untuk itulah mereka berdua bersepakat ( Syeikh Muhammad Arsyad & Syeikh Abdussamad ), untuk menyatukan semua kitab. semenjak dari mekkah.
    Artinya Ma’rifat tidak bisa meninggalkan Syariat ataupun Sebaliknya.
    Oleh Syek Muhhammad Aryad Lahirlah karyanya. yaitu
    ” SABILAL MUHTADIEN LITTAFAQUH FI AMRIDDIN “. pada tahun 1193 – 1779 M hari ahad 27 Rabi’ul Akhir 1195 – 1781 M
    setahun sebelum Syeikh Muhammad Arsyad menulis kitab ini, Syeikh Abdussamad menulis kitab ” HIDAYATUS -SALIKIN ” kemudian ” SAIRUSSALIKIN” ,
    kemudian Syeikh Muhammad Arsyad juga menulis Kitab tentang Tasauf, yaitu : ” KANZUL MA’RIFAH “.,
    Maka tampaklah kepada kita bahwa kedua orang sahabat itu benar-benar melaksanakan cita-citanya sejak mereka berada di Mekkah dan Madinah, beberapa tahun sebelum menulis kitab-kitab tersebut. Yang di Kalimantan menulis Fiqih, sedangkan yang di Sumatera menulis dalam masalah Tasauf . dimana Datu Kami ( Syeikh Muhammad Arsyad ) ,teruntailah kata beberapa bait, sejak dulu sampai sekarang merupakan ungkapan kalimat yang berkait.
    ” Jika hendak belajar Tasauf, pencuci batin . bacalah ” SAIRUSSALIKIN” ,
    Ujar datu Sanggul pula, membalas untaian tersebut.
    ” Jika hendak belajar Fiqih, pencerdas akal. bacalah ” SABILAL MUHTADIEN “.

    yang oleh Masyarakat awam populer menyebut , dengan sebutan ” KITAB BERENCONG ”
    padahal disitu disebutkan,bagaimana, cara, letak dan bacaan dalam hal Sholat, terutama pada masalah Usholi, Niat, ( Qoshod – Ta’rodh – Ta’yin ).& Takbiratul Ihram.
    dan oleh datu sanggul kembali berpantun . yaitu
    : Riu-riu padang sibundang Padang si tamau-tamu . Aku rindu kedengan Tuhan sembarang tempat kawa batamu.Dengan Kesepakatan Bathin inilah mereka mau menemukan Kitab-kitab tersebut.

    Pada Suatu Hari Syeikh Muhmmad Arsyad ( Datu Kelampaian )hendak pergi ke Hulu sungai untuk menemui Syeikh Abdussamad ( Datu Sanggul ). Setiba disana haripun mulai senja, singgahlah beliau dan rombongan ke wadah tatuha kampung,yang kemudian dengan bantuannya diantarlah ketempat tujuan.
    Sebelum menjelang Senja itu jua,Datu Sanggul atau datu Muning berwasiat kepada keluarga ” Apabila aku tutup Usia, maka untuk memandikan jenazahku aku minta Dangsanakku Arsyad-lah yang memandikan,ia berada di kampung Dalampagar Martapura”.
    Setelah Wafat, mendahului pergi menghadap Tuhan nang dicintainya. maka keluarga sesegera akan menjemput Datu Kelampaian. Dalam keadaan bersiap-siap hendak pergi, tiba-tiba datanglah rombongan Syeikh Muhammad Arsyad didepan rumah Syeikh Abdussamad . Hening & Takjublah yang hadir ketika itu,melihat kebesaran Tuhan dan keramat keduanya.
    Tuhan Yang Maha Besar, Tuhan memudahkan segala urusan mereka sehingga terlaksanalah wasiat Datu Sanggul dengan sempurna ,

    Wallahu’alam.

    Ampun ma’af kami memberikan sedikit banyak komentar . tentang beberapa uraian diatas.
    Dalampagar, Jum’at 16 syawal 1434 h
    Yori Rorisyah bin
    Hj. Suwaibathul Aslamiyah ,
    binti H.abdullah Sani, bin H. Anang manshur, bin Anang Udan, bin Maryam binti Alimu’allamah Khalifah H. Zainuddin bin Ja’far (Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari / Datu Kelampaian ).

    .

    • assalamu`alaikum,,,
      nabi muhammad tdk pernah mengaku diri beliau Allah. yang mengaku diri itu yg hidup (ingat yang hidup), siapa pang yg hidup selain yg hak, siapa pang yg berhak kalo bukan Allah ta`ala. maka dari itu nabi besabda matikan dulu dirimu sebelum kamu mati. supaya hilang riya wan sombong. siapa yg kada mengenal Aku di dunia jar Allah ta`ala maka lebih kada kenal lagi dgn Aku di hari kiamat n paling sesat jalan, knpa pang handak di slahkan datu sanggul, datu sanggul meajarkan kita supaya kada riya, n supaya ma`rifat kepada Allah. siapa pang yg mengetahui keimanan n kebenaran melainkan Allah. knp u menyalahkan, padahal u kadada kuasa. Allah yg kuasa atas sgala sesuatu. handak harat kah ikam padahal Allah yg kuasa. kada bedosa lah diri klo sllu sombong n merasa benar. padahal Allah yg Maha Benar.
      semoga kt jadikan ini sebagai renungan n bertawakkal lah kpada Allah, datangi guru2 n belajarlah. jgn saling menyalahkan. kt bersaudara.
      wassalam

  62. kalau tidak salah yg pernah saya dengat dan dari membaca buku tasauf dalinannya di situ di tulis kitab karamgan Datu sanggul bernama BAYANNULLAH.

  63. kalau tidak salah yg pernah saya dengat dan dari membaca buku tasauf salinannya di situ di tulis kitab karamgan Datu sanggul bernama BAYANNULLAH. saya punya salinan kitab tersebut tapi tdk komplit.

  64. senang rasanya bergelut dan berkenalan dgn semua yg aa disini,sy mngenal atau tahu kitab yg dinamakn barencong sewaktu saya mmbaca kitab teberubut dan kitab durrun nfis dan rasanya sama sewaktu sy mngenal kitab durrunnafis,yakni ingin mngenal dan memiliki kitab ini,tp mlihat bnyaknya komentar,dan tak ada yg tahu persis mngenai kitab ini,apa lg memiliki,saya ikhlas jika tak mndapatkan nya,biarlah ALLAH yg tahu niatan hati kita semua seberapa ingin kita memiliki kitab ini(barencong)

  65. ass…
    m,f ulun kaya mlihat k,janggalan dsini om,,,
    jar org jua pang nih om ,, martabat 7 kada lepas dri yg 7 …
    arti nya d,sini dangar2 jua mun kedudukan hayat ,,itu hidup ,, tpi pulang jar nya hayat mun tnpa hayun kayapa itu om ,, ????
    kawa ae kaloe lah begarak ,,

  66. ass,,,
    tolong d,tagur mun u da ,salah dalam tutur kata atau penulisan….
    jar na org ulun semalam d,padahi ,,mun yg pian pian ungkapakan d,sini ,,m,f lah ??
    itutu sbenar nya ilmu rahasia ..tpi ulun jua b,syukur bnar ,,arti na bnxak yg tahuan jua

    ,,jadi ngalih ulun b,pander ,,heeee tkutan tsalah ulun ???
    tpi jar org jua ,,ilmu toe gasan d,amalakan ,,kecuali pas belajaran ,,hanxar d,ungkap atau d,panderakan ….???

  67. kekaya,an yang sebenarnya ialah akal
    kepapa,an yang sebenarnya adalah rusak akal
    sepi yang sebenarnya ialah kagum akan diri sendiri
    dan_
    kemulia,an yang sebenarnya ialah akhlak yang baik”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s